nusabali

Loket Retribusi Pariwisata Kintamani Mulai Dijaga

  • www.nusabali.com-loket-retribusi-pariwisata-kintamani-mulai-dijaga

BANGLI, NusaBali
Loket retribusi pariwisata kawasan Kintamani, Bangli, mulai dijaga petugas gabungan pada Sabtu (27/6).

Selain itu juga mulai ada pemeriksaan terhadap pengunjung yang memasuki kawasan Kintamani.  Sekretaris Badan Pengelola Pariwisata Batur UNESCO Global Geopark, Dewa Ketut Setia Darma, mengatakan petugas gabungan melakukan pengecekan di pintu masuk kawasan Kintamani. Petugas menempati loket yang biasa menjadi tempat pemungutan retribusi pariwisata.

Menurut Dewa Setia Darma, sudah mulai dilakukan pemeriksaan surat keterangan (suket) rapid test bagi pengunjung. Dari pengecekan yang dilakukan, ada yang sudah lengkap membawa suket ada pula yang belum. “Memang pelaksanaan belum optimal, pemeriksaan masih dilakukan secara acak,” ungkapnya.

Saat ini masih tahap sosialisasi, sekaligus edukasi bagi masyarakat. “Sekarang masih sosialisasi jelang new normal,” imbuhnya.

Terkait pengecekan di pintu masuk dilakukan gugus tugas serta dibantu petugas kepolisian.  Di sisi lain, Dewa Setia Darma mengatakan jika pengunjung ke kawasan Kintamani mengalami penurunan dibandingkan pekan sebelumnya. Hal ini terjadi pascawacana pengunjung ke Kintamani agar membawa suket rapid test. “Mungkin karena wacana itu, jadi calon pengunjung mengurungkan niatnya ke Kintamani. Saat di lapangan, ketika petugas melakukan pengecekan, tidak sedikit kendaraan yang memilih putar balik,” tuturnya.

Sementara itu, petugas kepolisian bersama Satpol PP Bangli tampak melakukan pemantauan di masing-masing restoran/coffee shop yang ramai pengunjung. Petugas melakukan imbauan agar pengunjung tetap berpatokan pada protokol kesehatan penanganan Covid-19. *esa

Komentar