nusabali

Survei Ganesha Consulting Mas Sumatri Masih Unggul

  • www.nusabali.com-survei-ganesha-consulting-mas-sumatri-masih-unggul

Survei yang digelar Ganesha Consulting dengan responden 1.300 responden tersebar di 75 desa dan 3 kelurahan di Karangasem, menunjukkan Calon Bupati (Cabup) incumbent, I Gusti Ayu Mas Sumatri, masih mendominasi.

AMLAPURA, NusaBali
Dalam survei lembaga pimpinan I Gusti Putu Artha ini I Gusti Ayu Mas Sumatri hanya kalah di enam desa saja, di 6 desa lainnya seri, dan unggul di 66 desa.

Dalam jumpa pers di Sekretariat DPD NasDem Karangasem, Jalan Untung Surapati Amlapura, Rabu (22/1), Pimpinan Ganesha Cunsulting, I Gusti Putu Artha, mengatakan survei tersebut dilakukan pada 27-31 Oktober 2019 lalu.

Terungkap dalam survei I Gusti Ayu Mas Sumatri sementara kalah di enam desa, yakni Desa Duda Timur (Kecamatan Selat), Desa Perasi (Kecamatan Karangasem), Desa Seraya Timur (Kecamatan Karangasem), Desa Sibetan (Kecamatan Bebandem), Desa Datah (Kecamatan Abang), dan Desa Tiyingtali (Kecamatan Abang).

Kekalahan ini terjadi setelah I Gusti Ayu Mas Sumatri diadu dengan Ketua DPC PDIP yang juga Ketua DPRD Karangasem I Gede Dana yang asal Desa Datah, Kecamatan Abang. I Gede Dana unggul di Desa Datah, Desa Seraya Timur, Desa Perasi, Desa Duda Timur dan Desa Tiyingtali. Selain itu juga diadu dengan Wakil Ketua DPRD Karangasem dari Fraksi Golkar, I  Nengah Sumardi, asal Banjar Keteg, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, hasil survei yang bersangkutan unggul di Desa Sibetan.

Sedangkan I Gusti Ayu Mas Sumatri imbang di enam desa, yakni Desa Nawakerti, Desa Bunutan, Desa Culik, Desa Kerta Mandala dan Desa Ababi (Kecamatan Abang), dan Desa Jungutan (Kecamatan Bebandem). Selebihnya I Gusti Ayu Mas Sumatri unggul di 66 desa," kata I Gusti Putu Artha.

Survei dengan margin error 3 persen ini juga digunakan untuk membantu pemetaan kekuatan Paket MasDipa (I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Wayan Artha Dipa) saat Pilkada Karangasem 2015 lalu. Ketika itu hingga lima kali digelar survei.

Disebutkan, untuk survei calon Bupati Karangasem 2020 dengan pertanyaan terbuka, I Gusti Ayu Mas Sumatri meraih 31 persen, I Gede Dana sebesar 7,2 persen, I Wayan Artha Dipa sebesar 1,6 persen, I Made Sukerana sebesar 0,9 persen dan I Nengah Sumardi dengan 0,4 persen.

Sedangkan calon Bupati Karangasem 2020 dengan pertanyaan tertutup I Gusti Ayu Mas Sumatri meraih 60,9 persen, I Gede Dana 18,8 persen, I Wayan Artha Dipa 5,9 persen, I Nengah Sumardi 5,5 persen, I Nyoman Purwa Ngurah Arsana sebesar 1,3 persen, dan tidak menjawab 19,36 persen.

"Jika dilakukan survei head to head I Gusti Ayu Mas Sumatri meraih dukungan 67 persen dan I Gede Dana meraih 23,4 persen," kata I Gusti Putu Artha. *k16

loading...

Komentar