nusabali

NasDem Siapkan 2 Jalur di Pilkada Karangasem

Usung Gusti Parwata di Jalur Perseorangan

  • www.nusabali.com-nasdem-siapkan-2-jalur-di-pilkada-karangasem

AMLAPURA, NusaBali - DPD Partai NasDem Karangasem merancang untuk mengusung bakal calon Bupati Karangasem dari kalangan tokoh milenial, I Gusti Putu Parwata SE, di Pilkada Karangasem 2024 melalui jalur perseorangan (independen).

Untuk Pilkada 2024 yang pemungutan suara dilakukan pada 27 November mendatang, Partai NasDem Karangasem menyiapkan dua jalur, koalisi partai dan jalur perseorangan.

Partai NasDem menyiapkan strategi tersebut setelah menyerap aspirasi masyarakat yang menginginkan kontraktor I Gusti Putu Parwata layak maju di Pilkada Karangasem. 

Sekretaris DPD Partai NasDem Karangasem I Made Juita memaparkan hal itu di Sekretariat DPD Partai NasDem Jalan Untung Surapati Amlapura, Rabu (4/4). Juita menambahkan, setelah Partai NasDem menyerap aspirasi, banyak menginginkan figur I Gusti Putu Parwata tampil di Pilkada Karangasem. Karenanya, NasDem menggelar acara internal dengan mengundang I Gusti Putu Parwata di Sekretariat DPD Partai NasDem.

Hadir di acara itu, Ketua DPD Partai NasDem Karangasem Gusti Ayu Mas Sumatri yang juga mantan Bupati Karangasem 2016-2021, Wakil Ketua Bidang Kepemudaan Partai NasDem I Gusti Ngurah Gede Subagiartha, yang juga Wakil Ketua DPRD Karangasem, Penasihat Hukum Partai NasDem AA Parwata.

Juita menambahkan, NasDem menyiapkan dua jaluruntuk maju di Pilkada Karangasem 2024. Jalur pertama dengan cara mengintensifkan komunikasi dengan semua partai politik. Hal itu lantaran Partai NasDem hanya  memiliki 5 kursi di DPRD Karangasem, sehingga belum cukup mengusung bakal calon Bupati/Wakil Bupati Karangasem. Sesuai ketentuan, mesti memiliki minimal 9 kursi atau 20 persen dari 45 kursi di DPRD Karangasem.

“Makanya kami terus melobi partai-partai politik yang memiliki kursi di DPRD Karangasem,” kata Juita.

Menjalin komunikasi dengan parpol untuk diajak berkoalisi yang memiliki pemikiran sejalan untuk memajukan Karangasem untuk masa bakti 2024-2029. Jika jalur koalisi kurang beruntung, NasDem telah menyiapkan strategi melalui jalur perseorangan. 

“Intinya kami dari Partai NasDem tetap mengusung bakal calon entah dari jalur koalisi atau perseorangan,” tambah politisi dari Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem, ini.

Alasannya, jika melalui jalur perseorangan, Partai NasDem telah memiliki kader dan didukung relawan Gerakan Masyarakat Terpadu (GMT) Karangasem yang siap bergerak di delapan kecamatan. 

Sebab berdasarkan pengalaman, di Pilkada Karangasem 2015, Partai NasDem bermodal 5 kursi kemudian berkoalisi dengan PKPI dengan 2 kursi dan Partai Hanura sebanyak 2 kursi, berhasil mendudukkan I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Wayan Artha Dipa sebagai Bupati dan Wakil Bupati Karangasem. Pada Pilkada Serentak 2024 ini, NasDem kembali dengan bermodal 5 kursi, optimistis bisa mengulang kejayaan Pilkada 2015.

Gusti Putu Parwata termotivasi untuk maju di Pilkada Karangasem selain atas restu keluarga dan dukungan masyarakat. “Restu paling utama kan dari keluarga, masyarakat kemudian dari relawan GMT,” ucapnya.

Gusti Putu Parwata adalah anak pertama dari empat bersaudara dari pasangan suami istri, I Gusti Made Tusan dan I Gusti Ayu Nyoman Sayang. 7 k16

Komentar