nusabali

Diduga Ada Kecurangan, Saksi NasDem Lapor ke Bawaslu

  • www.nusabali.com-diduga-ada-kecurangan-saksi-nasdem-lapor-ke-bawaslu

AMLAPURA, NusaBali - Saksi dari DPD Partai NasDem Kabupaten Karangasem I Ketut Sudiantara mengadukan dugaan kecurangan dalam tahap rekapitulasi suara Pemilu 2024. Sudiantara melapor ke Sekretariat Bawaslu Karangasem, Jalan Diponegoro, Amlapura, Jumat (1/3).

Sudiantara melaporkan hasil pleno di TPS 4 dan TPS 5 Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen yang diduga ada data tidak sesuai. Laporan saksi Partai NasDem itu diterima, petugas I Gusti Agung Arya. Dari temuan Sudiantara, antara C hasil salinan DPRD Provinsi Bali dengan C plano, tidak sesuai. Begitu juga C hasil salinan DPRD Kabupaten tidak sesuai dengan C plano.

Saksi lainnya, I Ketut Pande Agung Adi Putra dari Banjar Yehkali, Desa Seraya, Kecamatan Karangasem melaporkan banyak kejanggalan di sejumlah TPS di Desa Seraya Timur, dan Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem. “Banyak saya temukan, C hasil salinan dengan plano tidak sesuai, itu terjadi di sejumlah TPS,” jelas Pande Agung Adi Putra.

Adi Putra berharap atas laporan dugaan kecurangan tersebut diharapkan ditindaklanjuti dalam Rapat Pleno KPU Karangasem, Sabtu (2/3) hari ini. Bila perlu dilakukan buka kotak suara dengan menghitung ulang surat suara. “Sehingga semuanya menjadi jelas, mana yang benar hasil di plano atau di  C hasil salinan,” kata Adi Putra.

Sementara Sekretaris DPD Partai NasDem Karangasem I Made Juita mendorong, agar melaporkan semua dugaan yang tidak sesuai. “C hasil salinan itu kan produk KPU, kenapa tidak cocok dengan plano. Selama ini saksi disuruh menyesuaikan hasil C hasil dengan di plano, artinya agar mengikuti yang ada di plano, ya tidak bisa,” jelas Juita.

Mestinya kata Juita, plano itu mestinya mengikuti C hasil salinan, atau biar adil buka kotak suara hitung ulang surat suara. “Jangan petugas mau enaknya saja, disuruh mengikuti yang ada di plano,” tambahnya.

Sementara Ketua Bawaslu Karangasem I Nengah Putu Suardika mengakui menerima laporan dari sejumlah saksi NasDem. “Ya, saya terima sejumlah laporan, sedang kami kaji,” kata Putu Suardika. Namun demikian, kata dia, rapat pleno KPU Karangasem soal rekap hasil Pemilu 2024 Sabtu (2/3) hari ini akan tetap berjalan.k16

Komentar