nusabali

KMHDI Berharap Transmigran Bali Maju ke Pilkada

Melalui Jalur Parpol Paling Realistis

  • www.nusabali.com-kmhdi-berharap-transmigran-bali-maju-ke-pilkada

JAKARTA, NusaBali - Suksesnya beberapa transmigran asal Bali mengikuti Pemilihan Legislatif (Pileg) sebagai anggota dewan, membuat KMHDI (Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia) berharap para transmigran Bali juga turut maju sebagai calon kepala daerah di tempat mereka masing-masing pada Pilkada Serentak 2024. Lantaran, nantinya jika mereka terpilih bisa merealisasikan aspirasi umat Hindu.

“Jelas, kami berharap ada perantau atau transmigran asal Bali maju sebagai calon kepala daerah. Sebab, dalam konteks politik, untuk merealisasikan aspirasi umat di sana harus ada representasi di lingkaran pengambilan kebijakan. Menjadi eksekutif adalah salah satu kanalnya,” ujar Sekjen PP KMHDI, Teddy Chrisprimanata Putra kepada NusaBali, Senin (13/5).

Untuk maju sebagai kepala daerah sendiri, mereka perlu mendaftarkan diri ke KPU setempat. Pendaftaran, bisa melalui jalur independen atau diusung oleh sejumlah partai politik (parpol). Bagi Teddy, maju dengan diusung parpol merupakan sebuah hal yang realitis.

Kata dia, parpol memiliki struktur dari tingkat pusat hingga daerah. Dengan begitu, mesin parpol bakal berjalan hingga ke masyarakat bawah ketika mereka telah menentukan calon kepala daerah yang akan diusung. Sementara, bila menggunakan jalur independen, calon kepala daerah bergerak sendiri untuk mengumpulkan dukungan.

“Mengingat persyaratan yang cukup berat untuk maju melalui jalur independen, kami rasa jalur partai politik menjadi salah satu jalur yang realistis,” papar Teddy. 

KMHDI pun, telah memantau sejumlah daerah di mana transmigran asal Bali punya peluang maju sebagai kepala daerah. Menurut Teddy, sejauh ini ada dua daerah yang berpotensial transmigran Bali mengikuti pilkada serentak.

Pertama, di Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Di sana, ada dr. Dewa Putu Ardika Seputra. Dia merupakan Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sultra periode 2019-2024. Kedua, di Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat.

“Di sana, ada figur I Komang Budi Arcana. Dia adalah Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) Mamuju Tengah,” terang Teddy. Teddy optimis, jika mereka maju ke Pilkada, kans mereka sangat besar. Pasalnya, mereka memiliki kinerja baik yang ditandai dengan dipercayanya mereka sebagai Anggota DPD RI dari dapil Sultra dan Ketua DPC PDIP di Mamuju Tengah. k22

Komentar