nusabali

PDIP Karangasem Usung Koster–Ace dan Koster–Giri Prasta

  • www.nusabali.com-pdip-karangasem-usung-koster-ace-dan-koster-giri-prasta

Cabup–Cawabup di Pilkada Karangasem 2024, I Gede Dana kemungkinan berpasangan dengan Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika, notaris I Nengah Suwadi, atau dari partai koalisi.

AMLAPURA, NusaBali
Ketua DPC PDI Perjuangan Karangasem I Gede Dana menyatakan DPC PDIP Karangasem mengusung bakal calon Gubernur–Wakil Gubernur Bali di Pilkada Bali 2024, I Wayan Koster–Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau I Wayan Koster–I Nyoman Giri Prasta.

“Itu aspirasi yang muncul di rapat kerja DPC PDIP Karangasem melibatkan PAC se-Karangasem, Sabtu (13 April 2024). Kami hanya menjaring aspirasi itu,” kata Gede Dana yang juga Bupati Karangasem, kepada NusaBali di Amlapura, Selasa (23/4).

Munculnya bakal calon Wakil Gubernur Bali I Nyoman Giri Prasta yang juga Bupati Badung, menurut Gede Dana, karena aspirasi dari masyarakat berkembang seperti itu, kemudian diserap kader PDIP melalui PAC se-Karangasem.

Jika salah satu paket itu mendapatkan persetujuan DPP PDIP, Gede Dana optimistis akan bisa menang di Karangasem. Apalagi bakal calon Gubernur Bali I Wayan Koster adalah petahana, yang selama ini dinilai berhasil membangun Bali.

Terlebih lagi, lanjut Gede Dana, PDIP di Karangasem telah menguasai kursi legislatif yakni sebanyak 15 kursi dari 45 kursi DPRD Karangasem. Sebanyak 15 kursi atau 33,33 persen berasal dari 99.575 suara sah dari 376.256 pemilih. Perolehan suara itu tersebar di delapan kecamatan: Daerah Pemilihan Karangasem I (Kecamatan Karangasem) dengan 17.454 suara, Dapil Karangasem II Kecamatan Bebandem dengan 10.535 suara, Dapil Karangasem III (Kecamatan Manggis) dengan 12.442 suara, Dapil Karangasem IV (Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang, dan Kecamatan Sidemen) dengan 24.334 suara, Dapil Karangasem V Kecamatan Kubu dengan 15.503 suara, dan Dapil Karangasem VI Kecamatan Abang dengan 19.307 suara.

Mengenai bakal calon Bupati Karangasem, kata Gede Dana, aspirasi yang muncul hanya satu nama atas nama dirinya. Sedangkan bakal calon Wakil Bupati Karangasem dari PDIP, sementara muncul beberapa figur, ada Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika, notaris I Nengah Suwadi, atau bisa saja muncul dari partai koalisi. 

“Kami tengah menjajaki koalisi dengan Partai Gerindra, Partai NasDem, dan Partai Demokrat. Siapa yang cocok diajak kerja sama, dialah yang akan jadi Wakil Bupati Karangasem,” tambah politis dari Banjar Lebah, Desa Datah, Kecamatan Abang.

Kandidat bakal calon Wakil Bupati I Wayan Suastika yang masih menjabat sebagai Ketua DPRD Karangasem dengan suara tertinggi 7.314 suara dari Dapil Karangasem IV Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang, dan Kecamatan Sidemen, ketika dikonfirmasi ada nada sambung namun tidak ada respons. 7 k16

Komentar