nusabali

Kominfo Badung Bakal Luncurkan Sidumas

  • www.nusabali.com-kominfo-badung-bakal-luncurkan-sidumas

Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Badung berencana meluncurkan aplikasi Sistem Pengaduan Masyarakat (Sidumas).

MANGUPURA, NusaBali
Aplikasi ini diluncurkan untuk memudahkan masyarakat yang akan menyampaikan pengaduan kepada pemerintah. Kepala Dinas Kominfo Badung I Gusti Ngurah Jaya Saputra, mengemukakan guna merealisasikan aplikasi Sidumas, Dinas Kominfo sedang mempersiapkan sejumlah piranti di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menjalankan aplikasi tersebut. Termasuk mempersiapkan tenaga khusus di masing-masing OPD.

Jaya Saputra mengatakan, sistem pengaduan masyarakat ini jauh lebih efektif. Sebab, pengaduan yang masuk bisa segera direspons oleh petugas. “Dengan begitu pengaduan yang masuk, entah itu masalah banjir, kebakaran, longsor dapat dilakukan penanganan lebih cepat,” kata mantan Camat Mengwi, ini pada Selasa (14/1).

“Rencananya akhir Januari 2020 mendatang, aplikasi Sidumas bakal resmi diluncurkan,” imbuh Jaya Saputra.

Di samping itu, program Dinas Kominfo tahun 2020 ini juga bakal meningkatkan jaringan internet gratis yang ada di lingkungan sekolah. “Kita akan melakukan pengoptimalan internet di sekolah, karena belum mencover semua siswa dan sejumlah area sekolah,” tuturnya.

Sebelum meningkatkan jaringan internet gratis, ada sejumlah sekolah yang akan menjadi percontohan. Salah satunya SMP 1 Kuta Utara dan SD 1 Kerobokan. “Kita ambil beberapa sekolah untuk percontohan. Setelah itu baru diterapkan di seluruh sekolah negeri yang ada di Kabupaten Badung,” tandasnya. *asa

Komentar