nusabali

9 Figur Diajukan Jadi Tandem Mas Sumatri

Internal NasDem Juga Jaring Calon Pendamping Incumbent

  • www.nusabali.com-9-figur-diajukan-jadi-tandem-mas-sumatri

Figur yang disodorkan Koalisi Tri Sakti adalah Made Sukerana, Wayan Pandu Prapanca Lagosa, Nyoman Suyasa, Wayan Kari Subali, Gede Pawana, IGA Ngurah Agung, Wayan Suparta, IB Adnyana, Komang Warsa

AMLAPURA, NusaBali

Setelah pastikan akan usung incumbent I Gusti Ayu Mas Sumatri sebagai Calon Bupati (Cabup) Karangasem ke Pilkada 2020, Koalisi Tri Sakti yang terdiri dari NasDem-Gerindra-Demokrat sodorkan 9 figur sebagai tandemnya di posisi Calon Wakil Bupati (Cawabup). Selain itu, kubu NasDem juga membuka penjaringan kandidat Cawabup Karangasem, untuk mencari tambahan figur.

NasDem secara resmi launching (buka) pendaftaran bakal Cawabup Karangasem untuk mencari tandem IGA Mas Sumatri, di Kantor Sekretariat DPD NasDem Karangasem, Jalan Untung Surapati Amlapura, Kamis (3/10) siang. Acara tersebut dipimpin langsung Ketua DPD NasDem yang juga Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri. Hadir pula Ketua Divisi Saksi DPP NasDem I Gusti Putu Artha, Sekretaris DPD NasDem Karangasem I Made Juita, Ketua Bappilu DPD NasDem Karangasem I Kadek Sujanayasa, Ketua Fraksi NasDem DPRD Karangasem I Gusti Ngurah Gede Subagiartha bersama semua anggotanya.

Pengembalian formulir (pendaftaran bakal calon) nantinya akan ditutup per 15 Oktober 2019. Setelah itu, akan dilakukan survei kandidat untuk menentukan tingkat elektabilitas calon pendamping IGA Mas Sumatri di posisi Cawabup Karangasem untuk Pilkada 2020.

Menurut IGA Mas Sumatri, Koalisi Tri Sakti memberikan ruang sebanyak-banyaknya kepada para politisi dan tokoh masyarakat untuk mendaftar sebagai cakal Cawabup karangasem. Semakin banyak figur yang mendaftar, itu lebih bagus, sehingga banyak pilihan.

"Kami berharap muncul figur sebanyak-banyaknya untuk diajak membangun Karangasem yang lebih baik. Saya sendiri mencari figur pendamping (di posisi wakil) yang siap kerja keras, siap mengamankan kebijakan, dan pro rakyat," jelas Mas Sumatri. Disebutkan, yang diperjuangkan menjadi tandem Mas Sumatri bukan sekadar memiliki popularitas, tetapi juga punya elektabilitas (keterpilihan) tinggi.

Koalisi Tri Sakti sendiri sudah sepakat untuk melakukan survei terhadap 9 pasangan bakal Cabup-Cawabup Karangasem, sebegaiamana telah disepakati dalam pertemuan sebelumnya. Dalam 9 paket tersebut, Mas Sumatri menempati posisi Cabup, sementara posisi Cawabupnya adalah 9 figur berbeda. Namun, internal NasDem putuskan mencari tambahan figur kandidat Cawabup untuk nantinya dimasukkan dalam survei.

Sembilan paket calon yang sudah disepakati sebelumnya meliputi pertama, IGA Mas Sumatri-I Made Sukerana. Made Sukerana adalah politisi Golkar asal Banjar Juntal, Desa/Kecamatan Kubu, Karangasem yang mantan Ketua DPD II Golkar Karangagsem. Sukerana sempat menjabat Wakil Bupati Karangasem 2010-2015, lalu maju tarung sebagai Cabup Karangasem yang diusung Golkar di Pilkada 2015 lalu.

Kedua, pasangan IGA Mas Sumatri-I Wayan Pandu Prapanca Lagosa (mantan Ketua Komisi I DPRD Karangasem 2004-2009 dari Fraksi PDIP). Ketiga, IGA Mas Sumatri-I Nyoman Suyasa (Wakil Ketua DPRD Bali 2019-2024 dari Fraksi Gerindra). Keempat, Mas Sumatri-I Wayan Kari Subali (anggota DPRD Bali 2019-2024 dari NasDem Dapil Karangasem). Kelima, IGA Mas Sumatri-I Gede Pawana (Perbekel Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem yang kini Ketua Forum Perbekel Provinsi Bali).

Keenam, IGA Mas Sumatri-I Gusti Agung Ngurah Agung (Ketua Kerta Desa Adat Du-da, Kecamatan Selat, Karangasem). Ketujuh, IGA Mas Sumatri-I Wayan Suparta (ang-gota DPRD Karangasem dari Demokrat). Kedelapan, IGA Mas Sumatri-Ida Bagus Ad-nyana (anggota DPRD Karangasem dari Fraksi Gerindra). Kesembilan, IGA Mas Sumat-ri-I Komang Warsa (Bendesa Adat Alasngandang, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem yang menjabat Wakasek Kesiswaan SMAN Rendang).

Dari 9 kandidat yang disodorkan tersebut, 2 orang digadang-gadang sebagai calon kuat pendamping Mas Sumatri di posisi Cawabup Karangasem, yakni I Gusti Agung Ngurah Agung (Kelian Kerta Desa Adat Duda yang juga sebagai pengusaha) dan I Gede Pawana (Perbekel Duda Timur yang kini Ketua Forum Perbekel Provinsi Bali.

Konon, Ngurah Agung dan Gede Pawana dian-diam telah melakukan kompromi, di mana mereka sepakat diapa pun yang terpilih, yang terpenting Wakil Bupati Karangasem harus ke dauh bukit (Karangasem Barat). “Ayo kita tunjukkan elektabilitas yang baik, kepada masyarakat. Sebab, sumber dari segala sumber kekuatan politik ada di masyarakat," jelas Ngurah Agung.

Siapa pun pasangan Cabup-Cawabup yang diusung Koalisi Tri Sakti di Pilkada Karangasem, 23 September 2020 mendatang, mereka kemungkinan besar akan tarung head to head melawan jago dari Koalisi Merah Kuning (PDIP-Golkar). Koalisi Merah Kuning digadang-gadang akan usung pasangan I Gede Dana-I Nengah Sumardi di Pilkada Karangasem 2020.

Gede Dana adalah politisi PDIP asal desa Datah, Kecanmatan Abang, Karangasem yang kini menjabat Ketua DPC PDIP Karangasem dan sekaligus Ketua DPRD Karangasem 2019-2024). Sedangkan Nengah Sumardi adalah politisi Golkar asal Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem yang notabene adik kandung mantan Bupati I Wayan Geredeg. Saat ini, Nengah Sumardi menjabat Wakil Ketua DPRD karangasem 2019-2024 dari Feraksi Golkar. Sebelumnya, mantan Cawabup Karangasem di Pilkada 2015 ini sempat menjabat Ketua DPRD Karangasem 2014-2019.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Karangasem dari Fraksi NasDem, I Made Agus Kertiana, menjadi figur pertama yang ambil formulir bakal Cawabup di internal NasDem, Kamis siang pukul 13.00 Wita. Agus Kertiana cukup percaya diri nyalon Wakil Bupati, dengan modal sebagai peraih suara tertinggi kedua di internal NasDem untuk kursi DPRD Karangasem di Pileg 2019. “Saya meraih 6.008 suara saat maju dari Dapil Karangasem IV (Kecamatan Selat-Rendang-Sidemen) di Pileg 2019,” tegas Agus Kertiana.

Bahkan, Ketua Divisi Saksi DPP NasDem, I Gusti Putu Artha, juga mengapresiasi langkah politik Agus Kertiana, yang berani mendaftar nyalon Wakil Bupati Karangasem di internal partainya, meskipun sebagai pendatang baru di DPRD Karangasem. "Ini awal yang baik. Kita berharap selanjutnya banyak tokoh yang ambil formulir Cawabup Karangasem di NasDem," sergah IGP Arta yang juga mantan Komisioner KPU RI. *k16

Komentar