nusabali

Yang Daftar 93 Orang, Hadir Seleksi Hanya 71 Orang

CAT Calon Anggota PPK di Karangasem

  • www.nusabali.com-yang-daftar-93-orang-hadir-seleksi-hanya-71-orang

AMLAPURA, NusaBali - Sesi CAT (Computer Asssisted Test) calon anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk Pilkada Karangasem 2024 digelar di Lab Komputer SMKN 1 Abang, Desa Tista, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Selasa (7/5). Dari 93 pendaftar hanya 71 orang yang hadir mengikuti CAT.

Seleksi CAT terbagi dalam dua sesi yakni sesi I mulai pukul 08.00 Wita-10.00 Wita yang diikuti 27 orang. Sementara sesi II dimulai pukul 13.00 Wita-15.00 Wita yang diikuti 44 orang. Para peserta seleksi kemarin rata-rata mampu menjawab soal CAT dengan skor 43-45 atau 60 persen dari 75 soal yang disodorkan. Jika peserta mampu menjawab dengan benar seluruh soal yang disodorkan skornya 75. Hasil seleksi CAT kemarin langsung diumumkan KPU Karangasem sehingga peserta sudah tahu perolehan sekor mereka.  

Ketua KPU Karangasem, I Putu Darma Budiasa yang terjun mengawasi langsung sesi CAT tidak mampu memberikan alasan terkait hasil CAT kandidat PPK yang di bawah rata-rata. “Saya tidak tahu, karena begitu hasilnya, ya saya tempel (umumkan,red) saja,” ujar Darma Budiasa.

Kata Darma Budiasa, peserta seleksi bisa saja kurang serius menjawab soal yang disodorkan. Atau, bisa saja sudah percaya diri akan lolos meskipun hasil tes di bawah standar, karena yang ikut seleksi pas-pasan jumlahnya. “Misalnya peserta dari Kecamatan Sidemen, yang mulanya lolos verifikasi administrasi sebanyak 13 orang, kenyataannya yang datang ikut tes hanya sebanyak 5 orang. Kan otomatis kelimanya bisa lolos diterima sebagai anggota PPK Kecamatan Sidemen, karena sebanyak itu yang dicari,” ujar Darma Budiasa.

Kata Darma Budiasa, di Kecamatan Kubu yang lolos verifikasi administrasi sebanyak 11 orang. Namun yang datang ikuti seleksi hanya 7 orang, Kecamatan Manggis yang lolos verifikasi administrasi sebanyak 10 orang, namun yang datang hanya 8 orang. Kemudian di Kecamatan Rendang dari 11 orang yang lolos administrasi, yang ikut seleksi CAT hanya 7 orang. Sebaliknya Kecamatan Abang dari 11 orang yang datang, hanya 7 orang yang hadiri seleksi. Sementara Kecamatan Selat, Kecamatan Karangasem dan Kecamatan Bebandem peserta yang lolos seleksi administrasi seluruhnya hadir dalam sesi CAT.

Hasil tertinggi CAT kemarin diraih mantan Ketua PPK Kecamatan Abang, Putu Cahyaningsih dengan skor 57 alias mampu menjawab soal sebanyak 76 persen dari total 75 soal yang disajikan. Sedangkan skor terendah dibukukan I Wayan Roni dari Kecamatan Abang dengan skor 27. k16

Komentar