nusabali

PDIP Mengarah ke Gede Dana-Sumardi

Jelang Pilkada Karangasem 2020

  • www.nusabali.com-pdip-mengarah-ke-gede-dana-sumardi

DPC PDIP Karangasem memunculkan kandidat tunggal sebagai Calon Bupati (Cabup) Karangasem ke Pilkada 2020.

AMLAPURA, NusaBali
Dia adalah I Gede Dana, Ketua DPC PDIP yang kini menjabat Ketua DPRD Karangasem 2019-2024. Gede Dana diskenariokan akan bertandem dengan politisi Golkar, I Nengah Sumardi, di posisi Calon Wakil Bupati (Cawabup) Karangasem, dalam kerangka Koalisi Merah-Kuning (PDIP-Golkar).

Indikasi Gede Dana dimunculkan sebagai kandidat tunggal Cabup Karangasem ini ini dikuatkan oleh gerakan PAC PDIP Kecamatan se-Karangasem, Rabu (18/9) pagi. Saat itu, seluruh 8 Ketua PAC PDIP kompak mengambilkan Gede Dana formulir bakal Cabup di Kantor Sekretariat DPC PDIP Karangasem, Jalan Ahmad Yani Amlapura.

Delapan (8) nakhoda partai tingkat kecamatan yang kompak mengambilkan Gede Dana formulir bakal Cabup Karangasem di Kantor DPC PDIP Karangasem kemarin pagi pukul 09.00 Wita, masing-masing Ketua PAC PDIP Sidemen I Kadek Dana, Ketua PAC PDIP Karangasem I Nyoman Winata, Ketua PAC PDIP Bebandem Jro Made Alon, Ketua PAC PDIP Selat I Wayan Suastika, Ketua PAC PDIP Manggis I Wayan Sunarta, Ketua PAC PDIP Kubu I Gede Dauh Suprapta, Ketua PAC PDIP Abang I Wayan Geden, dan Ketua PAC PDIP Rendang I Made Sarjana.

Setelah pengambilan formulir bakal Cabup Karangasem untuk Gede Dana, 8 Ketua PAC PDIP se-Karangasem terlebih dulu mengikuti rapat di Kantor DPC PDIP Karangasem. Rapat dipimpin langsung Ketua DPC PDIP Karangasem, Gede Dana, politisi asal Desa Datah, Kecamatan Abang. Dalam rapat, muncul kesepakatan untuk mengusung satu nama menjadi Cabup Karanasem, yakni Gede Dana, ke Pilkada 2020. Begitu habis rapat, 8 Ketua PAC PDIP se-Karangasem ini langsung mendaftarkan pencalonan Gede Dana di Kantor DPC PDIP, sekitar pukul 09.30 Wita. Berkas pendaftaran diterima Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon DPC PDIP Karangasem, I Nyoman Oka Antara, yang notabene anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Karangasem.

Gede Dana sendiri mengapresiasi gerakan PAC PDIP se-Karangasem yang memunculkan dirinya sebagai kandidat tunggal Cabup Karangasem ke Pilkada 2020. "Ini bagus untuk menjaga soliditas partai. Nanti DPP PDIP yang memutuskan Cabup Karangasem definitif," ujar Gede Dana di Kantor DPC PDIP Karangasem, Rabu kemarin.

Gede Dana membantah PDIP krisis figur, sehingga muncul calon tunggal untuk posisi Cabup Karangasem. "Bukan begitu, PDIP Karangasem tidak krisis figur kok. Ada Nyoman Purwa Ngurah Arsana, Ni Kadek Darmini, I Wayan Suastika, I Nyoman Oka Antara, dan lainnya. Karena demi menjaga soliditas partai, sehingga tidak ada dari mereka yang ambil formulir," jelas Gede Dana, yang kembali terpilih menjadi Ketua DPRD Karangasem 2019-2024, jabatan yang sebelumnya pernah diduduki periode 2009-2014.

Lantas, siapa kandidat Cawabup Karangasem pendamping Gede Dana di Pilkada 2020 nanti? Informasi yang santer beredar, Gede Dana akan berpaket dengan I Nengah Sumardi, politisi Golkar asal Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem yang kini Wakil Ketua DPRD Karangasem 2019-2024. Nengah Sumardi yang sempat menjabat Ketua DPRD Karangasem 2014-2019 merupakan adik kandung mantan Bupati Karangasem (2005-2015) I Wayan Geredeg.

Pasangan Gede Dana-Nengah Sumardi merupakan representasi Koalisi Merah-Kuning (PDIP-Golkar). Kedua partai papan atas ini, PDIP dan Golkar, memang disebut-sebut akan berkoalisi di Pilkada Karangasem 2020, guna tarung head to head melawan NasDem-Gerindra-Demokrat yang hampir pasti akan usung incumbent I Gusti Ayu Mas Sumatri sebagai Cabup.

Gede Dana juga mengakui PDIP selama ini intens berkomunikasi dengan Golkar untuk membangun Koalisi Merah-Kuning ke Pilkada Karangasem 2020. "Memang telah dilakukan komunikasi intensif. Tapi, saya belum tahu figur yang akan dimunculkan dari Golkar," tandas Gede Dana.

Sedangkan Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPC PDIP Karangasem, Nyoman Oka Antara, terang-terangan mengakui rencana Koalisi Merah-Kuning di Pilkada Karangasem 2020. "Siapa pun figur yang dimunculkan Golkar sebagai Cawabup Karangasem, kami PDIP siap menerimanya," papar Oka Antara, yang sudh dua kali periode duduk di Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Karangasem.

Di sisi lain, Sekretaris DPD II Golkar Karangasem, I Gusti Agung Dwi Putra, menga-takan sesuai wacana yang beredar, partainya akan mengusung Nengah Sumardi sebagai Cawabup pendamping Gede Dana. “Itu wacana yang beredar. Tapi, ini (usung Nengah Sumardi sbagai Cawabup Karangasem, Red) belum menjadi keputusan partai," ujar IGA Dwi Putra saat dikonfirmasi NusaBali terpisah di Amlapura, Rabu kemarin. *k16

Komentar