nusabali

Bantuan Pemkab untuk BBAF Belum Cair

  • www.nusabali.com-bantuan-pemkab-untuk-bbaf-belum-cair

Bantuan Pemkab Badung untuk Berawa Beach Arts Festival sebesar Rp 1,2 miliar belum cair. Panitia acara menalangi dengan dana dari BUMDes.

MANGUPURA, NusaBali

Perhelatan Berawa Beach Arts Festival (BBAF) ke-2 di Pantai Berawa Pura Perancak Desa Tibubeneng, Kuta Utara sudah sukses digelar pada 23–26 Mei 2019. Namun, anggaran kegiatan senilai Rp 1,2 miliar yang berasal dari Pemkab Badung sampai sekarang belum cair.

Pihak panitia kini tengah menunggu proses pencairan anggaran tersebut. Sebab, biaya perhelatan Berawa Beach Arts Festival ke-2 cukup besar, baik untuk produksi karya, juara lomba maupun honor para seniman.

Salah seprang seniman yang terlibat dalam Berawa Beach Arts Festival ke-2 yang diselenggarakan pada 23-26 Mei 2019 membenarkan anggaran belum cair dari Pemkab Badung. Menurut seniman yang menolak namanya ditulis di koran, ini menyatakan dirinya hanya diminta untuk menunggu proses pencairan dana. “Kami diminta untuk menunggu karena masih proses administrasi katanya,” ucapnya.

Terkait hal ini, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Badung AA Putu Yuyun Hanura Enny, saat dikonfirmasi tak menyangkal perihal tersebut. Mantan Camat Kuta Utara ini mengatakan anggaran untuk Berawa Beach Arts Festival ke-2 saat ini masih dalam proses SPJ. “Seluruh SPJ sudah lengkap, tinggal tunggu dana saja,” katanya, Senin (8/7).

Pihaknya memastikan tidak ada pengurangan anggaran, karena kegiatan sudah berlangsung. “Kalau yang sudah jalan tidak ada pengurangan. Namun, yang belum jalan (event yang dirancang dihelat oleh Dispar Badung, Red) ini yang zero,” tegasnya.

Sementara, dikonfirmasi terpisah Ketua Panitia Berawa Beach Arts Festival ke-2, Made Dwijantara tak banyak memberikan komentar. Namun, dia membenarkan anggaran untuk perhelatan Berawa Beach Arts Festival ke-2 belum cair. Sepengetahuannya pencairan anggaran masih dalam proses. “Iya, belum cair, masih diproses,” katanya.

Disinggung anggaran yang digunakan sementara oleh pihak panitia, menurut Dwijantara ditalangi dari BUMDes Tibubeneng. Dia mengaku telah menyampaikan permakluman kepada semua pihak yang terlibat.

Seperti diketahui, Berawa Beach Arts Festival ke-2 telah terselenggara pada 23–26 Mei 2019. Perhelatan tersebut dibuka Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Ketua DPRD Badung I Putu Prawata dan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Camat Kuta Utara AA Arimbawa, Perbekel Tibubeneng Made Kamajaya.

Pada perhelatan tersebut juga diselenggarakan beberapa kegiatan seperti tradisional windmill competition, free fishing competition, surfing competition. *asa

Komentar