nusabali

Pemkab Badung Kucurkan Rp 1,9 Miliar untuk Gamelan

  • www.nusabali.com-pemkab-badung-kucurkan-rp-19-miliar-untuk-gamelan

Pemkab Badung menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1,9 miliar untuk pengadaan gamelan yang akan diberikan kepada masyarakat.

MANGUPURA, NusaBali

Saat ini pengadaan gamelan tersebut sedang dalam proses tender di LPSE. “Iya, nanti seperangkat gamelan ini akan diberikan kepada masyarakat. Nanti ada beberapa banjar yang akan menerima bantuan ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Badung IB Anom Bhasma, Kamis (30/8).

Seperangkat gamelan yang akan diberikan tersebut di antaranya 5 barung gambelan semarpegulingan dan 10 barung gambelan baleganjur. “Untuk anggaran sudah disiapkan di APBD Perubahan 2018 senilai Rp 1.900.000.000. Namun, sekarang masih menunggu proses tender,” kata pejabat asal Desa Taman, Kecamatan Abiansemal, itu.

Dikatakan, pemberian seperangkat gambelan ini merupakan progam Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, untuk meningkatkan kesenian yang ada di setiap banjar. Di sampingi itu, nantinya sekaa-sekaa yang ada di banjar juga akan dibina dan dihidupkan untuk menjaga tradisi dan kebudayaan.

Sementara dalam beberapa kesempatan Bupati Giri Prasta menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan kepada masyarakat sebagai wujud berkomitmen dalam upaya melestarikan adat, agama, seni, tradisi, dan budaya di Kabupaten Badung. Bahkan, bupati juga memberikan kesempatan kepada sekaa teruna se-Badung yang berjumlah 535, bila ingin memiliki baleganjur, Pemkab Badung akan siap membantu. Selain gambelan, Bupati Giri Prasta juga siap membantu alat musik dan sarana olahraga. *asa

Komentar