nusabali

Jepang, Matahari Terbit Sepakbola Asia

  • www.nusabali.com-jepang-matahari-terbit-sepakbola-asia

Kini Piala Dunia 2018 tinggal menyisakan 16 tim setelah berakhirnya babak penyisihan grup.

VOLGOGRAD, NusaBali

Jepang menjadi satu-satunya wakil Asia yang tersisa, setelah finis sebagai runner-up Grup H. Mereka meraih empat poin dan mendampingi Kolombia yang juara grup (6 poin).

Dari lima wakil Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) di Piala Dunia 2018, empat tim sudah gugur. Arab Saudi di peringkat ketiga di Grup A, Iran juga finis ketiga di Grup B, Australia jadi juru kunci Grup C, dan Korea Selatan finis ketiga di Grup F.

Setelah Korsel membuat Asia bangga berkat kemenangan 2-0 atas juara bertahan Jerman, kini Jepang menjadi satu-satunya tim yang menjaga harapan Benua Kuning tak padam.

Jepang menjadi tim pertama yang lolos sebagai tim fair play di ajang Piala Dunia. Di Grup H, mereka akhirnya finis di posisi runner up dan memiliki poin serupa (4) dengan Senegal. Namun Jepang menjadi matahari terbit sepakbola Asia.

Selanjutnya Shinji Kagawa dkk akan menghadapi ujian berat di 16 besar karena ditunggu Belgia pada laga di Rostov Arena, Rostov-on-Don, Selasa (3/7) dinihari WITA.

Secara keseluruhan, babak 16 besar didominasi tim-tim dari Eropa (UEFA), yaitu 10 tim. Empat lainnya dari Amerika Selatan (CONMEBOL), satu wakil berasal dari Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (CONCACAF). Sedangkan semua wakil Afrika (CAF) semuanya gugur di fase grup.

Sementara itu, pencapaian terbaik tim Asia di Piala Dunia sejauh ini masih ditorehkan oleh Korea Selatan yang pernah finis keempat pada gelaran tahun 2002, yang saat itu dilakoninya dengan status tuan rumah bersama Jepang.

Secara keseluruhan, sudah enam kali tim-tim dari Asia mampu menembus putaran kedua/16 besar Piala Dunia; Arab Saudi (1994), Jepang dan Korsel (2002 dan 2010), dan kini Jepang di 2018. *

Komentar