nusabali

Hajar Jepang, Irak Susul Australia dan Qatar ke 16 Besar

  • www.nusabali.com-hajar-jepang-irak-susul-australia-dan-qatar-ke-16-besar

DOHA, NusaBali - Irak menyusul Australia dan Qatar melaju ke babak 16 besar Piala Asia, setelah mengalahkan Jepang 2-1 dalam laga grup D di Al Rayyan, Jumat (19/1) malam Wita. Aymeh Hussein menjadi bintang di laga itu, dengan memborong dua gol Singa Mesopotamia.

Bomber andalan Irak tersebut mencetak dua gol ke gawang Jepang dan membawa Irak menang. Dua gol Hussein dari sundulan kepala. Gol pertama tercipta di menit kelima dan gol kedua tercipta pada injury time babak pertama. 

Gol pertama Hussein terjadi setelah umpan silang Abdulla Jassim Ali dipotong kiper Jepang, Zion Suzuki. Namun bola liar mengarah ke Hussein yang dengan mudah menyundul bola ke gawang yang terbuka lebar.

Sedangkan gol kedua Hussein terjadi lewat kerja keras Ahmed Yahya, yang menerobos sisi kanan pertahanan Jepang dan melepas umpan ke muka gawang. Hussein pun mampu menyundul bola dari jarak dekat.

Pada menit ke-56, wasit Khalid Saleh Alturais sempat menunjuk titik putih ketika Takuma Asano terjatuh dalam duel lawan Rebin Sulaka. Namun keputusan itu dianulir setelah Khalid Saleh memantau tayangan ulang lewat VAR.

Gol yang ditunggu Jepang baru hadir saat laga memasuki injury time menit keempat. Wataru Endo menyundul bola hasil umpan Reo Hatate. Gol Endo membuat laga kian panas di sisa waktu injury time. 

Jepang terus bersemangat memburu gol penyama kedudukan sedangkan Irak berusaha keras mempertahankan keunggulan. Irak akhirnya sukses mempertahankan keunggulan 2-1 hingga akhir laga.

Kini Irak memimpin Grup D, disusul Jepang dengan tiga poin. Irak menyusul Australia dan tuan rumah Qatar lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Australia lolos usai menang 1-0 atas Suriah pada matchday kedua grup B di Jassim Bin Hamad Stadium, Kamis (18/1) malam.

Kemenangan itu membuat Australia mengoleksi enam poin, hasil dari dua kemenangan. Di laga selanjutnya, Australia akan menghadapi Uzbekistan yang kini menempati posisi kedua. Laga itu akan jadi penentuan siapakah yang jadi juara grup. Di satu sisi, Uzbekistan wajib menang. Pasalnya, meski kini di posisi runner up, namun mereka belum aman untuk lolos ke 16 besar.  

Apabila kalah, Uzbekistan bisa digeser Suriah, jika menang besar atas India di matchday ketiga nanti. Meski begitu, Uzbekistan masih dapat lolos meski nantinya kalah, yakni lewat perhitungan klasemen peringkat tiga terbaik.

Laga ketiga grup B akan jadi penentuan yang cukup krusial. India yang kini di dasar klasemen masih berpeluang lolos apabila menang besar di laga terakhir melawan Suriah, agar masuk empat teratas peringkat tiga terbaik.

Wakil timur tengah lainnya, Uni Emirates Arab (UEA) dari grup C, harus menunda peluang lolos ke 16 besar. Hal itu karena UEA hanya bermain imbang 1-1 kontra Palestina. UEA akan melakoni duel penentuan di laga terakhir melawan Iran pada Selasa (22/1). Iran sendiri pada matchday kedua akan menghadapi Hong Kong pada Jumat malam. Ant

Komentar