nusabali

Depak Uzbekistan, Qatar Tantang Iran

  • www.nusabali.com-depak-uzbekistan-qatar-tantang-iran

DOGA, NusaBali - Qatar menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal Piala Asia 2023 setelah menang adu penalti lawan Uzbekistan, di Stadion Al Bayt, Doha, Sabtu (3/2) malam WITA. Di semifinal Qatar akan menghadapi Iran, yang mengalahkan Jepang 2-1.

Kedua tim bermain imbang 1-1 hingga 90 menit hingga dua kali perpanjangan waktu. Qatar unggul lebih dulu lewat bunuh diri Utkir Yusupov, sebelum Uzbekistan menyamakan kedudukan berkat gol Odiljon Khamrobekov.

Tim tuan rumah akhirnya keluar sebagai pemenang setelah melalui adu penalti dengan skor 3-2. Berkat kemenangan ini, Qatar selanjutnya akan berhadapan dengan Iran yang sudah terlebih dahulu lolos ke babak semifinal setelah mengalahkan Jepang 2-1.

Pertandingan berjalan sengit sejak awal. Sebagai tuan rumah, Qatar langsung menekan pertahanan lawannya. Usaha Qatar membuahkan hasil pada menit ke-27. Hasan Al Haydos melepaskan umpan, yang mengenai bek Uzbekistan dan mengarah ke kiper Utkir Yusupov yang gagal menangkap bola hingga masuk ke gawang. Skor menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol, Uzbekistan mencoba membalas dan sempat mengancam gawang Qatar. Namun, skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, Uzbekistan tancap gas dan menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-59. Odiljon Khamrobekov menembus pertahanan Qatar dan melepaskan tembakan yang menghasilkan gol. Qatar 1-1 Uzbekistan.

Tidak ada gol yang tercipta di sisa babak kedua ini. Laga harus dilanjutkan ke babak extra time. Qatar nyaris saja memenangkan laga di injury time. Akram Afif melepaskan tembakan melengkung ke tiang jauh, namun bola sangat tipis melebar dari gawang.

Tak lama berselang Uzbekistan yang melancarkan serangan. Shakhboz Umarov melepaskan tembakan voli dan arah bola melebar tipis di sisi gawang. Tak ada pemenang selama laga berjalan di waktu normal. Alhasil, duel berlanjut ke 2x15 menit.

Qatar menang 3-2 di fase adu penalti. Setelah tertekan dengan dua penembaknya yang gagal, Qatar malah melaju akibat Uzbekistan tiga penembak terakhirnya juga gagal mencetak gol. ant

Komentar