nusabali

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Babak Perempat Final Piala Asia U-23

  • www.nusabali.com-timnas-indonesia-vs-korea-selatan-di-babak-perempat-final-piala-asia-u-23

DOHA, NusaBali.com - Timnas Korea Selatan U-23 memastikan diri sebagai juara Grup B Piala Asia U-23 AFC 2024 Qatar usai menaklukkan Jepang 1-0 di Stadion Jassim bin Hamad, Senin (22/4) malam. Kemenangan ini sekaligus membuat mereka ditakdirkan bertemu Indonesia di babak perempat final.

Duel tim 8 besar ini akan dilangsungkan pada Kamis (25/4)  pukul 20.30 waktu setempat atau Jumat (26/4) pukul 00.30 WIB/01.30 WITA. Pertemuan ini dipastikan memiliki daya tarik karena pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong adalah warga Korea Selatan, bahkan berteman baik dengan pelatih Korea Selatan U-23 Hwang Sun-hong.

Sementara itu, Jepang yang harus mengakui keunggulan Korea Selatan harus puas sebagai runner-up Grup B. Mereka akan menghadapi tuan rumah Qatar di babak delapan besar. Bagi Jepang, kekalahan ini menjadi noda pertama sepanjang kompetisi.

Gol kemenangan Korea Selatan dicetak oleh Kim Min-woo lewat sundulan kepala 15 menit jelang laga usai. Pemain pengganti yang dimasukkan pelatih Hwang Sun-hong ini menjadi pembeda di laga yang sebelumnya diprediksi akan berakhir imbang, mengingat kedua tim sudah sama-sama memastikan lolos ke fase knockout.

Jalannya Pertandingan

Jepang memulai laga dengan agresif. Yu Hirakawa beberapa kali merepotkan lini belakang Korea Selatan lewat pergerakannya di sisi kiri. Namun, umpan tariknya masih bisa dipotong sebelum mencapai Ryotaro Araki.

Hirakawa menjadi pemain paling menjanjikan bagi Jepang di babak pertama. Pemain sayap Machida Zelvia itu melepas tembakan jarak jauh yang nyaris menggetarkan gawang Baek Jong-bum.

Korea Selatan yang tak bisa menurunkan pencetak gol terbanyak mereka, Lee Young-jun, nyaris memecah kebuntuan jelang turun minum. Sayang, peluang yang didapat Hong Yun-sang digagalkan oleh tekel sempurna Kota Takai.

Memasuki babak kedua, Korea Selatan mulai meningkatkan intensitas serangan. Kang Seong-jin nyaris membuka keunggulan lewat sundulan kepalanya, namun masih melebar tipis dari gawang Taishi Nozawa.

Serangan Korea Selatan memancing Jepang untuk bangkit. Pemain pengganti Kuryu Matsuki beberapa kali merepotkan lini belakang lawan. Namun, upaya Kotaro Uchino dan Kota Takai masih belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-75, Korea Selatan akhirnya memecah kebuntuan. Sundulan kepala Kim Min-woo memanfaatkan sepak pojok Lee Tae-seok tak bisa dijangkau oleh Nozawa.

Kim Min-woo nyaris mencetak gol keduanya di laga ini, namun tembakannya masih bisa dihalau Nozawa. Di sisi lain, Jepang berupaya menyamakan kedudukan lewat peluang yang didapat Kein Sato dan Mao Hosoya, namun belum membuahkan hasil.

Meski Jepang terus menekan hingga peluit akhir, kokohnya lini belakang Korea Selatan membuat mereka harus rela menelan kekalahan. 

Kemenangan ini membuat Korea selatan menyapu seluruh pertandingan grup B yang juga diisi China dan Uni Emirat Arab. Korea Selatan mengumpulkan 9 poin, disusul Jepang 6 poin, China 3 poin dan UEA 0.

Komentar