nusabali

Dikalahkan Irak, Garuda Muda Lakoni Laga Play Off Lawan Wakil Afrika

  • www.nusabali.com-dikalahkan-irak-garuda-muda-lakoni-laga-play-off-lawan-wakil-afrika

DOHA, NusaBali.com - Tim nasional (Timnas) Indonesia U-23 harus puas di peringkat keempat Piala Asia U-23 2024 setelah kalah 2-1 dari Irak U-23 dalam pertandingan perebutan peringkat ketiga di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024) malam atau Jumat dinihari waktu Indonesia.

Gol Ivar Jenner pada menit ke-19 membawa Indonesia memimpin terlebih dahulu. Namun, Irak berhasil menyamakan kedudukan melalui Zaid Tahseen Hantoosh pada menit ke-27. Skor 1-1 bertahan hingga akhir waktu normal.

Pada babak perpanjangan waktu, Irak berhasil unggul melalui gol Ali Jasim pada menit ke-96. Gol ini tak mampu dibalas Indonesia hingga peluit akhir dibunyikan.

Kekalahan ini tentunya menjadi kekecewaan bagi Timnas U-23 yang gagal meraih medali perunggu di ajang ini. Namun, Garuda Muda masih memiliki peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 melalui jalur playoff.

Jalannya Pertandingan

Timnas U-23 memulai pertandingan dengan cukup baik dan berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol Ivar Jenner pada menit ke-19. Gol tersebut tercipta setelah Witan Sulaeman memberikan umpan yang dihalau pemain Irak, namun bola liar disambar Jenner dengan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Irak mencoba bangkit dan menyamakan kedudukan. Upaya mereka membuahkan hasil pada menit ke-27. Berawal dari tendangan sudut, bola gagal ditangkap Ernando Ari, bola lepas disundul Nihad Mohammed, untuk kemudian disambut sundulan Zaid Tahseen.

Skor 1-1 bertahan hingga akhir waktu normal.

Pada babak perpanjangan waktu, Irak tampil lebih dominan dan berhasil unggul melalui gol Ali Jasim pada menit ke-96. Gol tersebut tercipta setelah Justin Hubner melakukan kesalahan dalam mengantisipasi bola lambung. Ali Jasim yang bebas tanpa penjagaan melepaskan sepakan keras yang tak mampu diantisipasi Ernando Ari.

Indonesia mencoba mengejar ketertinggalan, namun hingga peluit akhir dibunyikan skor 2-1 tetap bertahan untuk kemenangan Irak.

Peluang ke Olimpiade

Meskipun gagal meraih medali perunggu, Timnas U-23 masih memiliki peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 melalui jalur playoff. Garuda Muda akan berhadapan dengan wakil Afrika, Guinea, pada 9 Mei mendatang.

Pertandingan yang akan digelar di Paris ini akan menjadi penentu bagi Timnas U-23 untuk meraih tiket ke Olimpiade. Garuda Muda harus bekerja keras dan tampil maksimal untuk meraih hasil positif di laga tersebut.

Komentar