nusabali

Depak Bahrain, Jepang Lolos Delapan Besar

Thailand Angkat Koper, Korsel Pulangkan Arab Saudi

  • www.nusabali.com-depak-bahrain-jepang-lolos-delapan-besar

AL RAYYAN, NusaBali - Timnas Jepang melaju ke perempatfinal atau babak delapan besar Piala Asia 2023, usai mengalahkan Bahrain 3-1, di Al Thumama Stadium, Al Rayyan, Rabu (31/1) malam WITA.

Sebelumnya tim Asia Timur lainnya, Korea Selatan memulangkan Arab Saudi, usai menang adu penalti. Sedangkan jagoan Asia Tenggara Thailand, tak kuasa menghadang keperkasaan Uzbekistan dan kalah 1-2.

Ya, Jepang memimpin di menit ke-31, usai Ritsu Doan mencetak gol memanfaatkan tembakan keras Seiya Maikuma yang membentur tiang gawang. Dai Nippon menggandakan keunggulan empat menit babak kedua berjalan melalui Takefusa Kubo. 

Bahrain memperkecil ketertinggalan di menit ke-64, setelah kiper Jepang Zion Suzuki membuat error dalam situasi sepak pojok. Zion menepis bola sundulan pemain Bahrain. 

Zion memblok bola muntah, tapi justru membentur badan Ayase Ueda. Keduanya bertabrakan dan bola masuk ke gawang. Gol dinyatakan bunuh diri Ueda. Ayase Ueda menebus kesalahannya delapan menit berselang. Bomber Jepang itu mencetak gol ketiga timnya dengan tembakan mendatar yang melewati celah kaki kiper Bahrain, Ebrahim Lutfalla.

Skor 3-1 untuk Jepang bertahan hingga pluit panjang berbunyi. Samurai Biru menang dan melaju ke perempatfinal Piala Asia 2023.

Hasil Piala Asia lainnya, Korea Selatan dan Uzbekistan juga lolos delapan besar. Korea Selatan secara dramatis memulangkan Arab Saudi lewat drama adu penalti 4-2 (1-1) di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar. 

Korea Selatan tertinggal 0-1 pada babak pertama lewat gol Abdullah Radif. Cho Gue-sung menjadi pahlawan tim asuhan Jurgen Klinsmann setelah mencetak gol pada tambahan waktu. Skor 1-1 bertahan hingga akhir dan babak perpanjangan waktu.

Laga dilanjutkan lewat adu penalti. Dua penendang Arab Saudi gagal, Korea Selatan pun melaju ke perempatfinal Piala Asia 2023. Kini Korea Selatan berambisi meraih juara setelah terakhir kali pada edisi 1960.

Sementara Thailand di Piala Asia 2023 juga tersingkir di babak 16 besar turnamen. Bermain di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar, Selasa (30/1) malam WITA, Thailand 1-2 dari Uzbekistan.

Kegagalan Thailand ini sekaligus menyudahi perjuangan tim-tim dari Asia Tenggara (ASEAN) di Piala Asia 2023. Sebelumnya, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam juga tersingkir. *

Komentar