nusabali

Jepang Satu-satunya Tim Asia Lolos ke 16 Besar

  • www.nusabali.com-jepang-satu-satunya-tim-asia-lolos-ke-16-besar

Dinyatakan Lolos karena Unggul Fair Play dari Senegal

VOLGOGRAD, NusaBali

Jepang berhasil selamatkan wajah belahan Asia di Piala Dunia 2018. Jepang menjadi satu-satunya tim Asia yang berhasil lolos ke babak per delapan final, setelah hanya kalah tipis 0-1 dari Polandia dalam partai terakhir penyisihan Grup H di Volgograd Arena, Rusia, Kamis (28/6) malam.

Menghadapi tim favorit Polandia tadi malam, Jepang asuhan pelatih Akira Nishino sebenarnya tampil cukup apik. Mereka beberapa kali mampu mengancam gawang Polandia yang dikawal kiper Lukasz Fabianski. Namun, tak satu pun peluang emas itu berhasil dimanfaatkan Shinji Kagawa cs.

Justru Polandia yang berhasil mencetak gol ketika Jan Bednarek merobek jala gawang Eji Kawashima saat pertandingan babak kedua berjalan 14 menit. Gol ini berawal dari tendangan bebas. Hingga peluait panjang dibunyikan wasit Janny Sikazwe dari Zambia, Jepang tidak mampu mencetak gol balasan.

Beruntung bagi Jepang. Sebab, dalam pertandingan lainnya yang amat menentu-kan, Kolombia justru berhasil mengalahkan Senegal 1-0 melalui gol tunggal Yerry Mina di menit ke-74. Gol inilah yang bantu menyelamatkan Jepang lolos ke perdelapan final Piala Dunia 2018 dengan status sebagai runner-up Grup H.

Jepang menjadi runner-up Grup H dengan mengantongi nilai 4, hasil sekali me-nang 2-1 atas Kolombia, seri 2-2 lawan Senegal, dan kalah 0-1 dari Polandia. Se-dangkan Kolombia, yang sempat di ujung tanduk, lolos ke fase knock out sebagai juara Grup H dengan nilai 6, hasil dua kali menang masing-masing 3-0 atas Polandia dan 1-0 atas Senegal, serta sekali kalah 0-1 dari Jepang.

Sebetulnya, Jepang dan Senegal sama-sama mengantongi nilai 4 dengan selisih gol yang sama, serta imbang head to head. Namun, Jepang sekali lagi beruntung dinyatakan lolos berkat perhitungan fair play. Sebab, Jepang selama turnamen hanya menerima 4 kartu kuning, sementara Senegal dapat 6 kartu kuning.

Di babak perdelapan final nanti, Jepang akan menghadapi juara Grup G yang masih diperebutkan antara Belgia dan Inggris. Sedangkan Kolombia menghadapi runner-up Grup G. Belgia dan Inggris yang sudah sama-sama lolos perdelapan final, baru turun saling berharapan untuk berebut juara Grup G, Jumat (29/6) dinihari tadi.

Apa pun hasilnya nanti, Jepang sudah menjadi penyelamat wajah sepakbola be-lahan Asia, karena satu-satunya tim Asia yang tembus perdelapan final Piala Dunia 2018 ini. Sedangkan 4 wakil Asia lainnya sudah tersingkir di babak penyisihan, yakni Korea Selatan, Iran, Arab Saudi, dan Australia. Sebaliknya, Kolombia melengkapi kejayaan tim-tim belahan Amerika Latin, yang semuanya lolos ke perdelapan final, kecuali Peru. Mereka adalah favorit juara Brasil, Argentina, dan Uruguay.

Sebelumnya, Jepang juga sudah mengukir sejarah sebagai tim Asia pertama yang mampu mengalahkan jago Amerika latin di Piala Dunia, ketika mereka melabrak Kolombia 2-0 di laga perdana penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 ini, 19 Juni lalu. Kala itu, Jepang menang berkat gol tunggal Shinji Kagawa dan Yuya Osaka. *nar

Komentar