nusabali

Pebasket Asal AS Dinaturalisasi Jadi WNI

  • www.nusabali.com-pebasket-asal-as-dinaturalisasi-jadi-wni

Tidak hanya dilakukan PSSI untuk pemain sepakbola, naturalisasi juga PP Perbasi terhadap pemain basket asing.

JAKARTA, NusaBali

Ya, Kementerian Sekretariat Negara mengabulkan permintaan Anthony Wayne Cates Jr untuk menjadi warga negara Indonesia. Permohonan ini diajukan Wayne sejak tiga tahun lalu. Wayne merupakan pebasket asal Amerika Serikat yang pernah masuk daftar pemain Pelita Jaya pada 2014. Namun Wayne tak pernah sekalipun melakukan debut bersama Pelita Jaya.

Pelita Jaya tidak bisa memainkan Wayne karena proses naturaliasi yang belum selesai. Saat itu pihak National Basketball League (NBL) hanya memperbolehkan pemain dengan status naturalisasi resmi yang boleh bermain.  Surat keputusan naturalisasi Wayne dikeluarkan Kementrian Sekretariat Negara pada 12 Desember 2017. Surat ini disetujui Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Selain Wayne Indonesia sebelumnya suda memiliki tiga pemain naturalisasi, yakni Ebrahim Enguio Lopez, Jamarr Johnson, dan Anthony Hargrove Jr.

Meskipun dinaturalisasi,  Ketua Perbasi Danny Kosasih tak menjamin Anthony Wayne Cates Jr masuk timnas basket Indonesia. Menurut Danny, kemampuan Wayne belum pernah teruji di liga lokal. "Saya tidak tahu apakah Wayne bisa bermain untuk timnas. Selama ini dia tidak pernah bermain di liga lokal dan belum diketahui bagaimana performanya," ujar Danny di Bola.com saat dijumpai di Britama Arena, Jumat (5/1).

Proses naturalisasi Wayne juga tidak diketahui Perbasi. Danny menyebut sang pemain mengajukan diri secara personal ke Kemenpora. "Saya tahu dia mengajukan naturalisasi ke Kemenpora, tetapi kami tidak tahu apapun setelah itu. Kalau untuk timnas semuanya kembali ke keputusan pelatih," kata Deny Kosasih. *

Komentar