nusabali

Tren Korsel di Olimpiade Terhenti

Dihajar Jepang, Tuan Rumah Qatar Tersingkir

  • www.nusabali.com-tren-korsel-di-olimpiade-terhenti

JAKARTA, NusaBali - Timnas Indonesia U-23 maju ke semifinal Piala Asia U-23 2024 usai mendepak Korea Selatan. Indonesia juga menggagalkan upaya Korsel memperpanjang tren partisipasinya di Olimpiade.

Indonesia melewati duel panjang dan melelahkan melawan Korsel di perempatfinal Piala Asia U-23 2024. Indonesia pun menang adu penalti 11-10, setelah kedua tim imbang 2-2 hingga perpanjangan waktu di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4) dinihari WITA.

Kemenangan itu menjaga mimpi Indonesia tampil di Olimpiade 2024. Sebaliknya, kekalahan di perempatfinal Piala Asia U-23 2024 menutup peluang Korsel ke Paris.

Bahkan kegagalan kali ini jadi yang pertama bagi timnas Korsel dalam 36 tahun terakhir. Sejak 1988, Taegeuk Warriors selalu tampil atau sembilan olimpiade beruntun pada periode 1988-2020. Rentetan itu jadi rekor tim Asia.

Prestasi terbaik Korsel di sepakbola Olimpiade meraih medali perunggu di London 2012. Sedangkan pada dua Olimpiade terakhir, Korsel terhenti di perempatfinal.

Sementara itu, Timnas U-23 Jepang mengandaskan harapan tuan rumah Qatar U-23 usai menang 4-2 dalam laga perempatfinal Piala Asia U-23 di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Kamis malam WITA.

Jepang unggul cepat 1-0 melalui Fuki Yamada di menit ke-2 . Pada menit ke-24, Qatar menyamakan kedudukan 1-1 melalui sundulan Ahmed Alrawi. Namun Qatar bermain dengan 10 pemain pada menit ke-41 usai kiper Yousef Abdullah keluar dari kotak penalti menghalau pergerakan pemain Jepang. Skor imbang 1-1 di babak pertama.  

Di babak kedua, Qatar unggul 2-1 lewat Jassem Gaber. Namun Jepang terus mendominasi laga dengan menguasai 60 persen penguasaan bola. pada menit ke-67, Seiji Kimura menyamalan skor 2-2.

Tampil menekan pertahanan Qatar, Jepang tak kunjung mencetak gol kemenangan. Usai peluit babak kedua ditiup laga dilanjutkan babak tambahan. Di babak ini Samurai Muda terus membombardir Qatar, melalui Hosoya dan Kotaro Uchino membawa Jepang unggul 4-2. ant

Komentar