nusabali

Thom Haye Berharap Bisa Main

  • www.nusabali.com-thom-haye-berharap-bisa-main

HANOI, NusaBali - Pemain yang baru jalani naturalisasi, Thom Haye berpotensi tampil saat Timnas Indonesia melawan Vietnam dalam laga tandang. Thom pun berharap situasi dan pertandingan nanti berjalan lancar.

Indonesia akan melawat ke markas Vietnam pada laga ke-4 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3) malam Wita.

Thom Haye belum masuk susunan pemain Indonesia saat mengalahkan Vietnam 1-0 pada matchday ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, di Jakarta, Kamis lalu. Hal itu karena proses administrasi Thom Haye menjadi WNI dan pemain PSSI belum sepenuhnya tuntas.

Gelandang klub Heerenveen Belanda itu mengaku siap untuk tampil dan bikin lini tengah Indonesia makin kuat. “Saya siap dan sepenuhnya bisa bermain di pertandingan berikutnya. Semoga berjalan lancar," kata Thom Haye.

"Saya sangat senang Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0.Seluruh tim bekerja keras dan menuai hasil yang layak.Di pertandingan berikutnya, saya siap membantu tim," kata Thom Haye.

Indonesia sendiri sudah sangat lama tidak isa menang di markas Vietnam. Hasil manis terakhir didapat pada 11 Desember 2004, yang saat itu Indonesia menang 3-0 di ajang Piala AFF. Karena itulan, Timnas diharapkan semakin padu saat main di kandang Vietnam, di Hanoi. 

"Semoga, di pertandingan kedua, para pemain naturalisasi yang baru bisa cepat dalam beradaptasi dengan tim," kata pelatih dan pengamat sepakbola nasional, Erwan Hendarwanto. 

Ada dua pemain yang debut bagi Timnas Indonesia saat melawan Vietnam di SUGBK Jakarta. Yakni, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Jay Idzes bermain penuh selama 90 pada laga itu, dan Nathan diturunkan selama 45 menit pada babak pertama. Mereka tampil cukup bagus di laga debutnya.

Kredit khusus layak diberikan kepada Jay Idzes (23 tahun) yang mengisi posisi bek tengah bermain sangat solid sepanjang laga. Dia menjadi tembok kukuh yang sulit ditembus lawan.

"Mudah-mudahan mereka bisa memberikan kontribusi seperti Jay Idzes sehingga kekuatan Timnas Indonesia jauh lebih kuat," kata Erwan Hendarwanto. *

Komentar