nusabali

Pembangunan Pasar Tabanan Sedang Dievaluasi Kemenkeu

  • www.nusabali.com-pembangunan-pasar-tabanan-sedang-dievaluasi-kemenkeu

TABANAN, NusaBali - Persiapan pembangunan proyek Pasar Gadarata (Gabungan Rakyat Tabanan) berproses. Tahapan terakhir permohonan fasilitas penyiapan proyek atau Project Development Facility (PDF) sedang tahap evaluasi oleh Kementerian Keuangan RI.

PDF ini disediakan oleh Kementerian Keuangan untuk membantu PJPK (Penanggung Jawab Proyek Kerjasama) menyusun kajian akhir prastudi kelayakan, dokumen lelang. Kemenkeu juga mendampingi PJPK dalam transaksi proyek KPBU hingga memperoleh pembiayaan dari lembaga pembiayaan.

Kepala Bapelitbang Tabanan I Made Urip Gunawan mengatakan proses evaluasi sudah dilakukan Rabu (20/3) kemarin. Dan saat ini tinggal menunggu apa saja point yang bakal dievaluasi. "Evaluasi dilakukan secara online dalam proses tersebut ada akan pertanyaan yang harus dijelaskan terkait permohonan tersebut," ujarnya, Minggu (24/3).

Disebutkan, proses evaluasi ini memerlukan waktu sekitar enam bulan. Tuntas proses tersebut barulah nantinya masuk tahap tender. Proses tender rencana bakal dilakukan akir tahun 2024 yang sebelumnya dijadwalkan Maret 2024. "Meskipun tender akhir tahun proyek pembangunan Pasar Gadarara bakal dilakukan tahun 2025," tandasnya.

Sejauh ini, kata Urip Gunawan, perusahaan yang ingin berinvestasi masih tiga perusahaan. "Yang berminat masih 3 perusahaan, seluruhnya dari Jakarta. Ya kami harapkan yang terbaik," tegasnya.

Untuk diketahui, Pasar Gadarata masuk dibuat melalui proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Artinya, dalam pembangunan Pasar tidak menggunakan anggaran pemerintah. 

Sebelumnya, Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya telah mengikuti proses market sounding ke Kantor Bappenas di Jakarta. Saat itu banyak perusahaan berminat untuk berinvestasi di Pasar Tabanan. Bahkan tak hanya mencari perusahaan ke Jakarta, market sounding juga bakal di gelar di Kabupaten Tabanan. Bupati Sanjaya pun berharap pembangunan Pasar Tabanan menjadi pertumbuhan ekonomi yang pesat. Sebab Pasar Tabanan dibuat dengan konsep memadukan pasar modern dan pasar tradisional.

Sebelum tahap market sounding, konsultasi publik dengan pedagang terkait pembangunan Pasar Tabanan atau yang disebut Pasar Gadarata (Gabungan Pedagang Rakyat Tabanan) sudah berlangsung Rabu (18/10) di Gedung Maria.

Dalam konsultasi publik yang langsung dilakukan Bappenas menjabarkan secara rinci konsep pembangunan Pasar Tabanan. Terutama penataan pedagang basah, pedagang kering, assesoris, fashion telah dirancang penempatan.

Pasar Tabanan juga akan dilengkapi depstore dan bioskop di lantai 4 dan lantai 5.

Kemudian di lantai I dan II khusus untuk pusat kuliner lokal, kios souvenir, Los basah, los kering dan penasaran. Lalu di Lantai III dipusatkan tempat retail, fashion dan assesoris. Sementara untuk parkir bakal dibangun bassement.7des

Komentar