nusabali

Tiga Perusahaan Jakarta Siap Bersaing Bangun Pasar Gadarata

  • www.nusabali.com-tiga-perusahaan-jakarta-siap-bersaing-bangun-pasar-gadarata

TABANAN, NusaBali - Sebanyak tiga perusahaan asal Jakarta bakal bersaing berinvestasi dalam pembangunan Pasar Gadarata (Gabungan Dagang Rakyat Tabanan). Bahkan jika tidak ada halangan, Maret 2024 mulai dilaksanakan lelang.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Tabanan I Gede Urip Gunawan, mengatakan pasca dilakukan uji publik sudah tiga perusahaan yang siap berinvestasi membangun pasar Tabanan. “Sudah ada tiga perusahaan, penambahan pasti ada,” ujarnya, Selasa (9/1).

Disebutkan setelah adanya pelamar, rencananya pada Maret 2024 mulai dilakukan lelang. Proses lelang langsung di Jakarta. “Kalau tidak ada halangan Maret 2024 sudah mulai,” tegas Urip Gunawan. 

Sebelumnya Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya telah mengikuti proses market sounding ke Kantor Bappenas di Jakarta. Saat itu banyak perusahaan berminat untuk berinvestasi di Pasar Tabanan. 

Bahkan tak hanya mencari perusahaan ke Jakarta, market sounding juga bakal digelar di Kabupaten Tabanan. Bupati Sanjaya pun berharap pembangunan Pasar Tabanan menjadikan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Sebab Pasar Tabanan dibuat dengan konsep memadukan pasar modern dan pasar tradisional.

Sebelum tahap market sounding, konsultasi publik dengan pedagang terkait pembangunan Pasar Tabanan atau yang disebut Pasar Gadarata (Gabungan Pedagang Rakyat Tabanan) sudah berlangsung pada Rabu (18/10/2023) di Gedung Maria. 

Dalam konsultasi publik yang langsung dilakukan Bappenas menjabarkan secara rinci konsep pembangunan Pasar Tabanan. Terutama penataan pedagang basah, pedagang kering, aksesoris, fashion telah dirancang penempatan. 

Yang menarik dari pembangunan ini, Pasar Tabanan juga bakal dilengkapi dengan department store dan bioskop. Terungkap department store dan bioskop bakal disediakan dua tempat yakni di lantai 4 dan lantai 5. 

Kemudian di lantai I dan II khusus untuk pusat kuliner lokal, kios souvenir, los basah, los kering, dan kantor pemasaran. Lalu di lantai III dipusatkan tempat retail, fashion, dan aksesoris. Sementara untuk parkir bakal dibangun basement. 

Untuk diketahui pembangunan Pasar Gadarata menggunakan sistem Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Artinya dalam proses ini pembangunan tidak menggunakan anggaran pemerintah. 7 des

Komentar