nusabali

Lelang Proyek Pasar Gadarata Mundur

  • www.nusabali.com-lelang-proyek-pasar-gadarata-mundur

Pasar Gadarata dibuat melalui proyek kerja sama pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) sehingga tanpa anggaran pemerintah.

TABANAN, NusaBali
Lelang proyek pembangunan Pasar Gadarata (Gabungan Dagang Rakyat Tabanan) mundur. Mulanya, lelang akan dilakukan Maret 2024, namun mundur hingga akhir 2024.

Penyebab mundurnya proses lelang, salah satunya karena masih melengkapi dokumen FBC (final bussines cases) dengan Kementrian Keuangan. Kendatipun mundur pembangunan tetap dilakukan tahun 2025.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Tabanan I Gede Urip Gunawan mengatakan proses pembangunan Pasar Gadarata masih melengkapi dokumen. Salah satunya sebut dia sedang meminta bantuan Kementerian Keuangan untuk penyusunan FBC. "Gamblangnya itu sedang penyusunan prakualifikasi untuk lelang," ujarnya, Rabu (31/1).

Karena masih penyusunan dokumen itu, proses lelang mundur. Awalnya rencana Maret namun ditarget akhir tahun 2024. "Jika lancar astungkara akhir tahun 2024 lelang. Dan untuk mulai pembangunan tetap di tahun 2025," imbuhnya.

Sejauh ini, kata Urip Gunawan, perusahaan yang ingin berinvestasi masih berjumlah tiga perusahaan. "Yang berminat masih 3 perusahaan, seluruhnya dari Jakarta. Ya kami harapkan yang terbaik," tegasnya.

Untuk diketahui, Pasar Gadarata masuk dibuat melalui proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Artinya, dalam pembangunan Pasar tidak menggunakan anggaran pemerintah.

Sebelumnya, Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya telah mengikuti proses market sounding ke Kantor Bappenas di Jakarta. Saat itu banyak perusahaan berminat untuk berinvestasi di Pasar Tabanan.

Bahkan tak hanya mencari perusahaan ke Jakarta, market sounding juga bakal di gelar di Kabupaten Tabanan. Bupati Sanjaya pun berharap pembangunan Pasar Tabanan menjadi pertumbuhan ekonomi yang pesat. Sebab Pasar Tabanan dibuat dengan konsep memadukan pasar modern dan pasar tradisional.

Sebelum tahap market sounding, konsultasi publik dengan pedagang terkait pembangunan Pasar Tabanan atau yang disebut Pasar Gadarata (Gabungan Pedagang Rakyat Tabanan) sudah berlangsung Rabu (18/10) di Gedung Maria Tabanan.

Dalam konsultasi publik yang langsung dilakukan Bappenas menjabarkan secara rinci konsep pembangunan Pasar Tabanan. Terutama penataan pedagang basah, pedagang kering, assesoris, fashion telah dirancang penempatan.

Hal enarik dari pembangunan ini, Pasar Tabanan juga bakal dilengkapi dengan depstore dan bioskop. Terungkap bioskop dan depstore bakal disediakan dua tempat yakni di lantai 4 dan lantai 5. Di lantai I dan II khusus untuk pusat kuliner lokal, kios souvenir, Los basah, los kering dan penasaran. Lalu di Lantai III dipusatkan tempat retail, fashion dan assesoris. Sementara untuk parkir bakal dibangun bassement.7des

Komentar