nusabali

JMSI Bali Susun Kepengurusan, Jaga Ekosistem Pers yang Sehat

  • www.nusabali.com-jmsi-bali-susun-kepengurusan-jaga-ekosistem-pers-yang-sehat

DENPASAR, NusaBali.com - Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Bali resmi dibentuk pada hari Kamis (15/2/2024) di Denpasar.

Musyawarah secara aklamasi menunjuk Nyoman Ady Irawan (Pemimpin Umum diksimerdeka.com) sebagai Ketua Pengda JMSI Provinsi Bali.

Bersama tim formatur, Ady langsung menyusun kepengurusan. I Gusti Ngurah Arya (bali.gemapos.id) dipercaya sebagai Sekretaris, dan Jeffry Karangan (mcwnews.com) sebagai Bendahara.

Bidang Organisasi dipegang oleh Rudianto (letternews.net), Bidang Hubungan Antarlembaga dan Kerjasama oleh I Putu Ariek Putra Wijaya Kusuma, dan Bidang Pendidikan dan Pelatihan oleh Zohra Baiq.

Pembentukan pengurus ini berdasarkan SK Nomor: 017/PP/SM/JMSI/II/2024 tentang Mandat Pembentukan Pengurus Daerah JMSI Provinsi Bali, tanggal 12 Februari 2024.

"Bersyukur hari ini kita dapat menggelar musyawarah untuk pembentukan pengurus JMSI Bali dengan lancar. Ini menindaklanjuti mandat dari Pengurus Pusat JMSI," kata Ady.

Ady menjelaskan, JMSI hadir di Bali untuk membantu membangun dan menjaga pers yang sehat bersama stakeholder lainnya.

"Sesuai semangat pendiriannya secara nasional, JMSI hadir untuk ikut membangun dan menjaga ekosistem pers yang sehat. Di Bali pun kita pegang visi dan misi ini yang akan di-breakdown ke dalam program-program kerja," ungkapnya.

Program JMSI Bali fokus pada peningkatan manajemen usaha, produk pemberitaan, dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

"JMSI akan melakukan pembinaan terhadap anggota perkumpulan sehingga dapat memiliki manajemen usaha, produk pemberitaan, dan infrastruktur teknologi informasi yang memadai. Ini agar anggota perkumpulan ini menjadi Perusahaan Media Siber yang profesional sesuai standar Dewan Pers," paparnya.

Terpisah, Sekretaris Jendral (Sekjen) JMSI, Eko Pamuji menyampaikan pembentukan di Provinsi Bali merupakan pertama kali. Ia pun berharap JMSI Bali dapat berjalan dengan baik dan konsisten.

"Untuk JMSI Provinsi Bali, saya pikir ini yang pertama ya. Bagaimanapun ini nanti harus mampu menjalankan organisasi."

"Saya juga ucapkan selamat kepada teman-teman semua karna sudah melakukan musyawarah. Intinya kita itu musyawarah untuk mufakat menentukan kepengurusan JMSI Provinsi Bali," ungkapnya.

Eko Pamuji pun meminta agar ke depan JMSI dapat mengakomodir seluruh media yang sefrekuensi dan sesuai aturan Dewan Pers.

"Ke depan kita harus mengakomodasi teman-teman media yang sudah sefrekuensi dengan kita. Tapi semua media-media yang kita akomodasi itu adalah media yang sesuai dengan peraturan Dewan Pers."

"Intinya organisasi ini hadir di Bali untuk memberikan kontribusi pada pengelola media siber. Biar nanti media siber di Denpasar mendapat manfaat dari organisasi ini," tandasnya. 

Komentar