nusabali

Kemajuan Teknologi Mengoyak dan Menggoyang

  • www.nusabali.com-kemajuan-teknologi-mengoyak-dan-menggoyang

APA itu Revolusi Industri 6.0? Revolusi Industri 6.0 adalah era kemajuan teknologi yang mengubah cara kita hidup dan bekerja.

Era Industri 6.0 juga dapat membantu mengurangi beban hidup, seperti yang sebelumnya membutuhkan waktu yang lama menjadi cepat, teknologi semakin canggih, dan menjadi lebih instan. Selain menimbulkan dampak baik, kegiatan industri juga menyebabkan permasalahan sosial yang sulit diatasi seperti misalnya, arus urbanisasi yang tinggi, polusi udara yang tidak baik bagi makhluk hidup di bumi, upah buruh yang rendah, pembagian kelas yang merugikan, dan lain sebagainya. Seperti Teori Jarum Hypodermi, kemajuan teknologi memiliki kekuatan yang sangat perkasa, anak dan remaja bersikap pasif meningkahi dampak buruknya. Anak-anak, remaja dan juga orang dewasa tidak berdaya ditembak peluru kemajuan teknologi dan pasif karena dientertain oleh berbagai kreativitas para ‘gadgeters’.

Dampak keberadaan pasar modern terhadap pasar tradisional, antara lain; penurunan omzet penjualan, mereduksi pendapatan dan keuntungan para pelaku pasar tradisional.

Memang diakui pasar modern memberikan dampak positif. Namun, ia juga memberikan dampak negatif, misalnya konsumen tidak melihat produk secara langsung. Seperti barang yang dibeli tidak sesuai dengan harapan dan penyalahgunaan informasi mengenai produk yang diberikan pihak konsumen pada saat memberikan ulasan.

Dampak negatif kemajuan teknologi terhadap perubahan tata nilai dalam keluarga, antara lain: bergesernya nilai kesopanan anak kepada orang tua, perilaku anak cenderung kehilangan etika dan sopan santun kepada orang tua, berkurangnya nilai kebersamaan antaranggota keluarga. Sisi positifnya, antara lain: membuat keluarga semakin meningkat daya pikirnya, sehingga mampu membuat atau menyiptakan hal baru. Banyak cara yang dapat dilakukan keluarga dalam mengembangkan iman, misalnya melalui kemping rohani, rekoleksi, berdoa bersama, dan lain sebagainya. Secara umum, kemajuan teknologi memudahkan masuknya pengaruh budaya asing, seperti pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, tindakan kriminalitas, pornografi, dan budaya kekerasan.

Dampak negatifnya terhadap pendidikan masa kini, antara lain: terjadinya perubahan perilaku, etika, norma, aturan, atau moral kehidupan yang bertentangan dengan etika, norma, aturan, dan moral kehidupan yang ada pada masyarakat. Lainnya, seperti misalnya: siswa terlalu sering menggunakan ponsel dan dapat menyebabkan masalah kesehatan, kurangnya interaksi yang dilakukan para pelajar, memunculkan budaya instan yang membuat proses belajar panjang ditinggalkan, atau munculnya pengaruh budaya asing yang berbeda dari budaya Indonesia. Dua sisi positif dan negatifnya kemajuan teknologi, yaitu: meningkatkan kualitas pembelajaran, memudahkan akses terhadap informasi, mengembangkan kreativitas siswa, meningkatkan kerja sama, mempermudah komunikasi, menyebabkan ketergantungan, meningkatkan potensi kecurangan, atau mengurangi interaksi sosial.

Dua sisi dampak kemajuan teknologi dalam kehidupan politik, antara lain: meningkatnya partisipasi aktif dari masyarakat dalam percaturan politik, memberikan kemudahan untuk mengakses setiap informasi politik secara cepat dan akurat, kasus korupsi semakin marak, semakin rendahnya kepercayaan rakyat terhadap kebenaran, banyak beredar hoaks dari tokoh berkaitan dengan politik untuk menjatuhkan lawan politik.

Perkembangan teknologi juga memiliki dampak negatif pada sektor ekonomi dan industri. Misalnya, teknologi dapat menggantikan pekerja manusia dengan mesin atau robot, yang dapat menyebabkan pengangguran dan ketidaksetaraan sosial-ekonomi, atau ketimpangan pendapatan. Ketimpangan ini muncul ketika suatu industri menggunakan teknologi di satu pihak dan yang tidak menggunakan teknologi di pihak lain.

Bagaimana sikap kita dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini? Mungkin, beberapa sikap bijak, antara lain: terbuka, mendukung, dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Menolak iptek yang memberikan pengaruh buruk pada HAM dan menyalahi dasar negara. Membiasakan berperilaku baik dan tolong-menolong pada sesama. Belajar dengan giat agar tidak tertinggal dengan perkembangan iptek. Generasi muda hendaknya memanfaatkan iptek dalam kegiatan pembelajaran, menggunakan sarana iptek sesuai fungsi dan kebutuhan, tidak merusak sarana iptek yang disediakan pihak sekolah, dan menjadikan Pancasila sebagai filter tren apa saja yang ada di internet. Semoga. 7

Komentar