nusabali

Dana Kreativitas Ogoh-ogoh Cair Awal Februari 2024

  • www.nusabali.com-dana-kreativitas-ogoh-ogoh-cair-awal-februari-2024

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Badung memastikan pencairan bantuan dana kreativitas Yowana dan Sekaa Teruna, salah satunya untuk pembuatan ogoh-ogoh akan diproses mulai awal Februari 2024.

Ogoh-ogoh yang dibuat oleh Yowana maupun Sekaa Teruna Gumi Keris dalam rangka menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1946 akan dilombakan dan akan memperebutkan hadiah hingga Rp 50 juta.

Kadisbud Badung I Gde Eka Sudarwitha, mengatakan dalam pembuatan ogoh-ogoh, sekaa teruna dan yowana se-Badung akan mendapatkan bantuan dari pemerintah, seperti tahun-tahun sebelumnya. Proposal permohonan bantuan dana kreativitas hampir seluruhnya sudah masuk.

“Rencananya dana yang diberikan sejumlah Rp 20 juta masing-masing sekaa teruna akan diserahkan oleh Bapak Bupati Badung pada 5 Februari 2024,” ujar Sudarwitha, Selasa (23/1).

Sedangkan untuk hadiah juara lomba, jelas Sudarwitha, diberikan nominal cukup fantastis yakni Rp 50 juta untuk juara I hingga yang terkecil Rp 25 juta untuk juara harapan III. Selain itu, kemungkinan juga akan diberikan apresiasi lain oleh Bupati Badung.

Lebih lanjut mantan Camat Petang itu menjelaskan, dalam pelaksanaan lomba ogoh-ogoh ada beberapa ketentuan, salah satunya pelaksanaan pawai hanya boleh di wilayah desa adat dan waktunya maksilmal hingga pukul 22.00 Wita. Jika melebihi waktu yang ditentukan maka akan ada diskualifikasi.

“Jadi jika ada satu ogoh-ogoh yang beratraksi lebih dari pukul 22.00 Wita, maka satu desa adat akan didiskualifikasi. Sesuai dengan tagline kami, Sekaa Teruna Badung Hebat dan Berbudaya, jadi akan hebat kalau bersatu. Anak-anak sudah komit untuk menaati itu,” jelasnya.

“Kalau di televisi ada yang namanya prime time. Kalau di kami menyebut galah mautama untuk menggelar kreatifitas, lewat dari itu (pukul 22.00 Wita) geliat seninya sudah menurun,” imbuh Sudarwitha.

Dalam penilaian lomba ogoh-ogoh, Disbud Badung akan melibatkan sebanyak 20 orang juri dan staf Dinas Kebudayaan. Penilaian ogoh-ogoh akan dilakukan di awal Maret 2024. Untuk pengumuman lomba pada 14 Maret 2024.

“Siapa yang tidak berkomitmen akan ditunda dahulu (menjadi juara). Diberikan kesempatan kepada yang menjadi hebat dan berbudaya,” sebut Sudarwitha. 7 ind

Komentar