nusabali

Memaknai Atita, Wartamana, dan Nagata

Apel Hari Puputan Klungkung ke 116 dan HUT ke-32 Kota Semarapura

  • www.nusabali.com-memaknai-atita-wartamana-dan-nagata

SEMARAPURA, NusaBali - Pemkab Klungkung memperingati Hari Puputan Klungkung ke-116 dan HUT ke-32 Kota Semarapura di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Kecamatan Klungkung, Minggu (28/4) pagi.

Apel mengusung tema ‘Dengan Semangat Puputan Klungkung Kita Tauladani Nilai-nilai Perjuangan Pahlawan Nasional Ida Dewa Agung Jambe.’ Pemimpin upacara Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika. Hadir, Bupati Klungkung periode 2013-2023 I Nyoman Suwirta, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), anggota DPRD Klungkung, dan undangan lainnya.

Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya dalam amanatnya yang dibacakan Jendrika mengucapkan selamat Hari Puputan dan HUT Kota Semarapura. Peringatan ini bukan sekadar seremonial belaka namun peringatan peristiwa bersejarah yang mengandung berbagai makna saling bertautan. “Dalam konsep Tri Samaya disebutkan, manusia harus mampu memaknai masa lalu (atita), masa kini (wartamana), dan masa depan (nagata),” ujarnya. Menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai untuk menjadikannya sebagai pondasi menapaki masa kini. 

Masa kini yang diisi dengan evaluasi diri (self evaluation) terhadap yang sudah dilakukan dalam setiap tahap perjalanan hidup agar selalu bermakna. Sedangkan masa depan harus didesain dan dirancang berlandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa masa lalu. “Sinergi dari tiga makna peringatan hari bersejarah tersebut mengharuskan kita selalu hidup bergotong royong, saling menjaga, saling membantu, saling memelihara, bekerja bersama, dan sama-sama bekerja menggapai tujuan yang sama,” ujar Jendrika.

Jendrika berharap masyarakat tetap meneladani pengorbanan dan perjuangan Ida I Dewa Agung Jambe. Dengan semangat perjuangan yang tinggi melawan dan mengorbankan jiwa raga untuk menjadikan Klungkung kabupaten yang berdaulat. Harga diri dari perjuangan para raja dan masyarakat Klungkung merupakan harga mati yang harus diperingati dan dipertahankan. “Saya berharap masyarakat Klungkung bersama Pemkab Klungkung tetap bahu-membahu membangun Klungkung demi meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat Klungkung,” harap Jendrika. Apel peringatan Hari Puputan Klungkung dan HUT Kota Semarapura diisi dengan penyerahan piala kepada pemenang lomba. 7 wan

Komentar