nusabali

63 Km Jalan di Klungkung Rusak

  • www.nusabali.com-63-km-jalan-di-klungkung-rusak

SEMARAPURA, NusaBali - Kerusakan jalan di Klungkung mencapai 63 km, terdiri dari rusak ringan 54,5 km dan rusak berat 8,5 km. Total ruas jalan di Klungkung 464 km. Sebagian besar jalan rusak terjadi di Kecamatan Nusa Penida.

Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom mengakui jalan di Kecamatan Nusa Penida saat ini sudah banyak rusak. ‘’Perbaikan terus dilakukan dengan dana APBD Klungkung, maupun usulan ke pemerintah pusat dan bantuan dana keuangan khusus (BKK) dari Pemkab Badung,’’ kata Gung Anom, saat dihubungi Kamis, (18/4).

Perbaikan jalan juga dimohonkan ke Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida (BP) untuk kawasan pinggir pantai terkait dengan kerusakan tanggul. Jika tidak segera mendapatkan perbaikan maka jalan di pinggir pantai juga rawan rusak.

Kadis Pekerjaan Umum,  Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Klungkung, I Made Jati Laksana mengatakan sudah menghubungi pihak Balai BWS Bali Penida terkait jebolnya senderan yang mengakibatkan kerusakan jalan di kawasan Banjar Nyuh, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida. Dan dari BWS akan segera datang untuk melakukan pengecekan dan penanganan.

Tahun 2024, perbaikan jalan di Nusa Penida sudah dianggarkan terutama pada ruas jalan utama menuju destinasi wisata. Di antaranya perbaikan ruas jalan Desa Bungamekar-Pura Kalibun, Nusa Penida, sepanjang 6 km mencapai Rp 36 miliar. Kemudian, perbaikan Jalan Lembongan-Klatak 4,5 km dianggarkan sekitar Rp 20 miliar melalui dana Inpres. 

"Untuk pemeliharaan rutin jalan di Nusa Penida tahun 2024 dianggarkan Rp 2,9 miliar, Nusa Lembongan Rp 200 juta, dan jembatan kuning Rp 200 juta," ujar Jati Laksana.7wan

Komentar