nusabali

Pilkada Klungkung 2024, Hanura Siap Koalisi dan Buka Pendaftaran Bacalon

  • www.nusabali.com-pilkada-klungkung-2024-hanura-siap-koalisi-dan-buka-pendaftaran-bacalon

SEMARAPURA, NusaBali - Tanda-tanda Pilkada Klungkung 2024 bakal diikuti tiga pasangan calon (paslon) mulai terasa. Partai-partai politik yang memiliki ‘kursi terbatas’ di DPRD Klungkung makin gencar menjalin komunikasi untuk bisa berkoalisi mengajukan kandidat Bupati-Wakil Bupati 2024-2029.

“Ya, Partai Hanura terbuka untuk koalisi pada Pilkada 2024 ini. Selain itu, kami juga membuka pendaftaran bagi mereka yang siap maju sebagai bakal calon Bupati-Wakil Bupati Klungkung,” kata Ketua DPC Partai Hanura Klungkung Wayan Buda Parwata, Minggu (5/5).

Buda Parwata menyebut jika saat ini yang bisa mengajukan calon adalah PDIP yang memiliki 12 kursi di DPRD Klungkung, dan Gerindra (8 kursi). Sementara parpol lainnya perlu berkoalisi untuk bisa mengusung kandidatnya.

Kunci bagi potensi koalisi ada di Hanura dan Golkar yang sama-sama memiliki 3 anggota DPRD Kabupaten Klungkung. Selain itu, NasDem dengan 2 kursi serta PSI dan Perindo yang masing-masing memiliki 1 kursi di dewan. 

“Partai Hanura sendiri telah membentuk Tim Penjaringan, Penetapan, dan Pemenangan (TPPP) Kabupaten sesuai dengan petunjuk teknis dari DPP,” ucap Buda Parwata.

Sebagai Ketua TPPP, Buda Parwata menugaskan I Ketut Serinada dan beberapa anggota lainnya untuk memproses pendaftaran dan penetapan calon yang benar-benar layak memimpin Klungkung lima tahun ke depan.

Buda Parwata menilai saat ini proses pilkada di Klungkung masih dalam tahap ketidakpastian. “Meskipun sudah ada beberapa nama yang ramai diperbincangkan di media sosial, namun belum pasti bahwa mereka akan maju sebagai calon,” kata anggota DPRD Klungkung yang akan menjabat untuk periode keempat kalinya ini.

Partai-partai politik di Klungkung, ujar Buda Parwata, masih berada dalam tahap pengamatan, memetakan, dan mengkalkulasi siapa yang akan didukung sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati periode 2024-2029. “Saat ini belum ada partai yang mengajukan kandidatnya secara resmi,” tandas politisi asal Desa Timuhun, Kecamatan Banjarangkan ini.

Dalam upaya memperkuat eksistensi partainya, Hanura mengundang para kader dan tokoh masyarakat untuk mendaftar di partai tersebut jika berkeinginan untuk didukung atau diusung dalam koalisi nantinya. Persyaratan khusus bagi calon yang ingin didukung oleh Partai Hanura antara lain adalah kesiapan untuk mendaftar dan menyusun visi misi.

Buda Parwata mengumumkan bahwa penutupan pendaftaran akan dilakukan pada 24 Mei 2024. Hal ini sejalan dengan komitmen Partai Hanura untuk tetap menjadi partai politik yang merakyat, terbuka, dan demokratis, serta menjadikan hati nurani sebagai landasan utama dalam menjalankan aspirasi masyarakat. 7 mao

Komentar