nusabali

Cok Wisesa Daftar Cabup di Hanura

Disarankan Roadshow ke Seluruh Parpol

  • www.nusabali.com-cok-wisesa-daftar-cabup-di-hanura

Cok Wisesa mengaku maju Pilkada Klungkung atas permintaan dari masyarakat

SEMARAPURA, NusaBali
Setelah mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Klungkung di Partai NasDem, Tjokorda Gde Agung Sumara Wisesa alias Cok Wisesa kembali mendatangi DPC Partai Hanura Klungkung di Jalan Anyelir, Klungkung, Jumat (17/5) dengan mendaftarkan diri sebagai Bacabup Klungkung untuk Pilkada 2024. Saat mendaftar, Putra dari Panglingsir Puri Agung Klungkung, Ida Dalem Smara Putra ini diterima Ketua DPC Hanura Klungkung, I Wayan Buda Parwata.

Manuver politik Cok Wisesa boleh juga, sebab sebelumnya kandidat muda ini sudah daftar Bacabup melalui Partai NasDem Klungkung, pada Selasa (7/5) lalu. Cok Wisesa merupakan wirausaha sekaligus akademisi. Selain mendatangi Hanura dan NasDem, Cok Wisesa tengah menjajaki partai lain terutama yang tergabung dalam Partai Koalisi Nawasena. Partai Koalisi Nawasena merupakan gabungan parpol yang memiliki kursi DPRD maupun parpol non parlemen hasil Pemilu 2024.

Adapun 6 parpol pembentuk Koalisi Nawasena masing-masing Partai Golkar (3 kursi DPRD), Hanura (3 kursi DPRD), NasDem (2 kursi DPRD), Perindo (1 kursi DPRD), PSI (1 kursi DPRD) dan Demokrat. Dari koalisi Nawasena ini mengumpulkan total 10 kursi hasil Pileg DPRD Klungkung 14 Februari 2024.

Cok Wisesa mengatakan mengajukan pencalonan diri sebagai Bupati Klungkung salah satunya Partai Hanura, yang di dalamnya juga tergabung dalam Koalisi Nawasena. “Tiang (saya) didampingi sama sameton, dan teman, acaranya sederhana saja karena hanya penyerahan dan silaturahmi dengan teman-teman di Hanura,” ujar Cok Wisesa.

Dia juga mengaku sudah melakukan komunikasi dengan para parpol yang tergabung dalam Koalisi Nawasena. Namun, untuk penyerahan formulir pendaftaran dan silaturahmi secara resmi baru di NasDem dan Hanura. “Komunikasi dengan semua parpol di Koalisi Nawasena semuanya sudah jalan,” ujar Cok Wisesa.

Mengenai rekomendasi Cabup-Cawabup, kata Cok Wisesa hal itu sepenuhnya diserahkan kepada partai pengusung koalisi. “Intinya semua sudah tahu harapan dan keinginan saya, kalau masalah persaingan saya kembalikan kepada koalisi. Yang jelas semoga persaingan sehat, dan siapapun yang diorbitkan nanti memang calon pemimpin yang unggul, dan punya dedikasi untuk Klungkung,” harap Cok Wisesa.

Dia menegaskan alasan keputusan maju ke Pilkada Klungkung. Cok Wisesa mengaku maju Pilkada Klungkung atas permintaan dari masyarakat. Sebagai orang dari luar parpol, kata dia, persiapan sudah dilakukan dengan membangun jaringan ke pemerintah pusat dan sudah berkomunikasi dengan banyak pihak. “Minimal semangat untuk menuju Indonesia emas 2045,” ujar Cok Wisesa.

Dengan ikut maju, dia berharap bisa membawa Klungkung lebih maju, sejahtera berlandaskan keharmonisan berbasis budaya. “Karena saya memang bukan dari kalangan kader partai, maka saya juga harus aktif untuk cari kendaraan (partai),” ujarnya.

Sementara Ketua DPC Hanura Klungkung, Buda Parwata mengatakan, kedatangan Cok Wisesa daftar Cabup melalui Partai Hanura sekaligus perkenalan dengan jajaran pengurus. “Kita perkenalkan inilah pengurus Hanura dan anggota Fraksi Hanura,” ujar Buda Parwata.

Dia juga apresiasi dengan Cok Wisesa yang sudah daftar di DPC Hanura dan telah menghormati prosedur yang sedang berjalan di Hanura. “Beliau juga sangat konsen terhadap kemajuan daerah, beliau akan bersafari keliling mendekati partai-partai yang sedang menjalani proses pendaftaran,” ujar Buda Parwata.

Selaku pimpinan partai, Buda Parwata juga menyarankan kepada Cok Wisesa setelah safari keliling ke parpol, untuk silaturahmi juga ke angga puri, angga gria menyampaikan maksud dan tujuannya maju. “Terkait figur yang akan diusung kita mengundang tokoh-tokoh baik dari parpol maupun non parpol, untuk daftar di Hanura dalam membangun Klungkung ini,” ujar mantan wartawan ini.wan

Komentar