nusabali

Fathur Gustafian Susul Desak Rita

Enam Atlet Indonesia Rebut Tiket Olimpiade 2024

  • www.nusabali.com-fathur-gustafian-susul-desak-rita

Hari ini luar biasa bagi saya, di luar ekspektasi. Saya sebenarnya masih ada peluang besok, cuma hari ini alhamdulillah sudah dikasih rezeki, dikasih tiket berangkat ke Olimpiade.

JAKARTA, NusaBali
Atlet menembak Fathur Gustafian merebut tiket Olimpiade Paris 2024, usai finis di peringkat empat dalam final nomor 10 meter Air Rifle Putra senior Asian Rifle/Pistol Championship 2024, di Jakarta, Rabu (10/1).

Dengan hasil itu, Fathur jadi atlet menembak pertama Indonesia yang tampil di Olimpiade Paris 2024 pada Juli 2024. Fathur menyusul  lima atlet Indonesia yang lebih dulu meraih tiket olimpiade. Yakni,  Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing), Arif Dwi Pangestu (panahan), Diananda Choirunisa (panahan), Rifda Irfanaluthfi (senam), dan Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing).

"Hari ini luar biasa bagi saya, di luar ekspektasi. Saya sebenarnya masih ada peluang besok, cuma hari ini alhamdulillah sudah dikasih rezeki, dikasih tiket berangkat ke Olimpiade," kata Fathur, usai final di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Rabu (10/1).

Di babak final nomor 10 meter Air Rifle Putra senior Asian Rifle/Pistol Championship 2024, Fathur sempat memimpin lomba setelah lima kali tembakan dengan skor 52,5, mengalahkan wakil India Arjun Babuta, skor 52,4 dan wakil China Shihan Ma dengan skor 52.

Selama pertandingan, Fathur bersaing sengit dengan wakil-wakil negara lain. Dia pun finis di posisi empat dengan mengumpulkan skor 208,3. Sedangkan atlet yang meraih emas adalah Shihan Ma dari China dengan 230,2 poin, peraih perak Cho Dae-han dari Korea Selatan dengan 229,9 poin, sedangkan peraih perunggu adalah Rudrankksh Patil dari India dengan 228,7 poin.

Fathur berkesempatan ke Olimpiade Paris, sebab China memenuhi kuota mengamankan tiket lebih dulu melalui Sheng Lihao di World Rifle & Pistol Championship 2022 dan Yang Haoran di World Championship 2023. Lalu peraih perunggu, Rudrankksh Patil, juga mengamankan tiket Olimpiade Paris di ajang World Rifle & Pistol Championship 2022.

Oleh karena itu, dua tiket ke Paris 2024 nomor 10m air rifle putra jatuh ke Cho dan Fathur. Asian Rifle/Pistol yang berlangsung hingga 18 Januari. Terdapat delapan nomor pertandingan yang masing-masing memiliki dua kuota untuk Olimpiade Paris 2024.

Kedelapan nomor permainan tersebut yakni 10 meter (m) Air Rifle Men, 10m Air Pistol Men, 50m Rifle 3 Positions Men, Rapid Fire Pistol Men, 10m Air Rifle Women, 10m Air Pistol Women, 50m Rifle 3 Positions Women, serta 25m Pistol Women.

Fathur Gustafian sendiri yang sukses mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024. Pertama bagi Indonesia di cabang olahraga menembak, memastikan menyiapkan performa terbaik demi mendulang medali di ajang pesta olahraga yang akan berlangsung mulai Juli mendatang tersebut.

"Mudah-mudahan di Olimpiade nanti bisa kasih performa yang baik dan membawa pulang medali," kata Fathur, seusai final nomor 10 meter Air Rifle Putra senior Asian Rifle/Pistol Championship 2024 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Rabu.

Dalam menghadapi Olimpiade Paris nanti, Fathur mengatakan dirinya tidak akan lengah dan akan berlatih lebih keras lagi agar dapat membawa pulang medali. 

"Kalau saya puas di sini, nanti saya bisa tergilas oleh atlet lain (di Olimpiade)," ujar Fathur. ant

Komentar