nusabali

Championship Series Berubah, Bali United Incar Laga Kandang

  • www.nusabali.com-championship-series-berubah-bali-united-incar-laga-kandang

JAKARTA, NusaBali - Jadwal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 berubah atau bergeser, menyusul Timnas Indonesia U-23 harus menjalani playoff kontra Guinea untuk memperebutkan tiket terakhir ke Olimpiade 2024. Ya, menurut PT LIB, Championship Series akan digelar pada 14-15 Mei 2024.

Timnas U-23 gagal mengamankan tiket otomatis ke Olimpiade 2023 setelah kalah 1-2 dari Irak pada perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Kamis (2/5). Namun, peluang ke Olimpiade 2024 belum tertutup, karena Timnas harus menjalani laga kontra wakil Afrika Guinea, di Paris, Kamis (9/5). 

Artinya, para pemain belum bisa kembali ke klub masing-masing, kecuali mungkin yang bermain di klub luar negeri. Sebelumnya PT LIB sudah menyatakan jadwal Championship Series menyesuikan kiprah Timnas U-23.  Awalnya, fase Championship Series dimulai pada 5 Mei.

Sementara itu, skuad Bali United diliburkan sementara usai kekalahan dari Persita Tangerang 2-4 dalam laga pekan terakhir BRI Liga 1 di Stadion Indomilk Arena. Selain itu, Skuad Serdadu Tridatu diliburkan untuk menjaga kondisi kebugaran semua pemain sebagai persiapan menghadapi Persib. 

Meski demikian, pelatih Bali United Stefano ‘Teco’ Cugurra telah menyiapkan taktik menghadapi Persib Bandung di babak play-off juara Championship Series. Teco berusaha memaksimalkan laga kandang. Jika berhasil menang apalagi sampai unggul cukup banyak, kondisi itu akan memudahkan langkah Bali United ke final dan lebih mudah saat leg kedua di markas Persib.

Teco mengaku mengincar kemenangan di laga kandang. Namun dia tidak menampik jika Persib bukan lawan yang mudah ditaklukkan. Pelatih asal Brasil ini menilai, Persib musim ini menjadi tim yang konsisten meskipun belum pernah menang menghadapi Bali United sejak era Liga 1 2017.

"Kami punya dua laga di Bali dan di Bandung, dua tim punya kualitas pemain bagus di sana kami pasti respect sama mereka. Kami harus memiliki persiapan yang benar, dan waktu pertandingan bisa menang di rumah di Bali," kata Teco. 

Teco enggan kecolongan menghadapi Persib. Sebab target pribadinya direvisi dari lolos championship series menjadi lolos final championship series. Itu sebabnya saat menghadapi Persita, Teco tidak menurunkan pemain utamanya. *

Komentar