nusabali

Pasca Bentrok, Bhabinkamtibmas Gencar Sosialisasi Kamtibmas

  • www.nusabali.com-pasca-bentrok-bhabinkamtibmas-gencar-sosialisasi-kamtibmas

DENPASAR, NusaBali - Pasca bentrok antara warga dengan Pecalang di Desa Kesiman Petilan, Kecamatan Denpasar Timur, Bhabinkamtibmas desa setempat Bripka I Ketut Kariawan gencar melakukan sosialisasi Kamtibmas. Dia menyasar warga penduduk pendatang memberikan imbauan agar sama-sama menjaga keamanan di Desa Kesiman Petilan.

Pada Senin (8/1) siang, Bripka Kariawan memberikan penyuluhan Kamtibmas untuk buruh proyek Perumahan Bayu Segara, Padang Galak, Denpasar Timur. Dia datang bersama perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat. Para butuh proyek ini diajak untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lokasi proyek dan wilayah Desa Kesiman Petilan Pada umumnya.

"Kegiatan himbauan ini dilaksanakan sebagai respons terhadap beberapa kejadian gangguan keamanan yang terjadi di wilayah Kesiman, khususnya Desa Kesiman Petilan," ungkap Bripka Ketut Kariawan.

Sebelumnya terjadi bentrokan antara dua kelompok warga terjadi di salah satu kos di Jalan Pucuk I, Banjar Tangtu, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, pada Senin (1/1) sekitar pukul 00.30 Wita. Bentrokan yang dipicu akibat salah paham saat pesta Miras rayakan malam pergantian tahun itu merusaki puluhan kamar kos. Selain itu tiga unit sepeda motor milik Pecalang setempat yang datang berusaha meredam situasi itu dibakar.

Komplek kos-kosan berjumlah 27 kamar itu dihuni puluhan penghuni penduduk pendatang. Sebelum kejadian dua kelompok warga ini sama-sama bikin pesta sambut tahun baru dengan buat acara bakar-bakar daging sambil minum bir.

Pada Minggu malam sekitar pukul 22.00 Wita dua orang undangan kelompok sebelah bertengkar gara-gara rokok. Pertengkaran antara mereka berdua dilerai oleh warga kelompok lainnya. Namun caranya melerai agak keras sehingga menimbulkan ketersinggungan. Akibatnya terjadilah pertengkaran. Pertengkaran itu membesar hingga berujung pembakaran sepeda motor Pecalang yang datang meredam situasi dan merusak puluhan kaca jendela kamar kos di sana. 7 pol

Komentar