nusabali

Lepas Kecenk, Bali United Basketball Gaet Trio Amerika

Laga Perdana IBL Hadapi Amartha Hangtuah di GOR Purna Krida, Kerobokan

  • www.nusabali.com-lepas-kecenk-bali-united-basketball-gaet-trio-amerika

DENPASAR, NusaBali - Tuan rumah Bali United Basketball akan menantang Amartha Hangtuah Jakarta, dalam laga pertama game week perdana IBL 2024 , di GOR Purna Krida, Kerobokan, Sabtu (13/1) pekan depan, pukul 15.00 WITA.  Setelah itu, Bali United Basketball akan menantang Bima Perkasa Jogja pada hari Minggu (14/1).

Sedangka perkenalan skuad rencananya digelar pada Kamis (11/1) di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Sebelum itu, Manajemen Bali United Basketball mendatangkan tiga pemain Amerika Serikat (AS), yakni Ryan Taylor Batte berposisi sebagai forward, Kierell Ar'Darius Green (forward), dan Xavier Cannefax (guard). 

Manajer Bali United Basketball Sigit Sugiantoro melalui keterangan resminya telah mengumumkan penggawa asing timnya untuk IBL musim baru.

"Kami dari manajemen, resmi bekerjasama dengan tiga pemain ini sebagai pilar asing baru Bali United," kata Sigit Sugiantoro. 

“Pengalaman dan teknik mereka menurut pelatih, menjadi bagian penting untuk kebutuhan tim. Sehingga diharapkan dapat bermanfaat untuk perjalanan tim ini di musim baru. Kami harap mereka bisa mengikuti instruksi pelatih dan bisa beradaptasi dengan cepat," kata Sigit Sugiantoro. 

Selain mendatangkan pemain asing, Bali United Basketball mengakhiri kontrak beberapa pemain lokal. Diantaranya, Sandy ‘Kecenk’ Febiansyah. Eks pemain Timnas Basket dan CLS Knights itu tidak dibutuhkan jasanya musim ini.  Selama berseragam Bali United, Keceng mencatat 247 poin, 58 assist, lima blok, 58 rebound, dan 37 steal.

"Kami dari manajemen Bali United mengucapkan terima kasih kepada Sandy Keceng atas dedikasi dan perjuangan bersama Bali United di IBL 2023. Kami berharap dia dapat berjuang di karier selanjutnya," ucap Sigit Sugiantoro.

Selain Sandy Keceng, Bali United Basketball.juga mengakhiri kerjasama dengan Muhammad Rafie Fadhali dan Handri Satrya Santosa 

Sementara itu, Kompetisi bola basket Tanah Air Indonesia Basketball Leageu (IBL) 2024 akan tip-off perdana pada 13 Januari dengan pembukaan musim di Bali serta diwarnai laga puncak atau final IBL 2023 di Bandung Jawa Barat.

Mengingat format laga kandang dan tandang baru pertama kalinya diterapkan IBL, maka Bali mencatatkan sejarah sebagai tim pertama yang menjadi home team atau menggelar laga kandang, dan Hangtuah menjadi tim pertama yang melaksanakan laga tandang di IBL 2024. Pada musim lalu, Bali United mengalami kekalahan pertamanya di pembuka musim, kalah 71-75 dari Hangtuah. 

Selain gim pembuka di Bali, IBL musim 2024 juga akan menghadirkan pertarungan sengit antara finalis IBL 2023, antara Prawira Harum Bandung dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Prawira menjamu Pelita Jaya di kandangnya, yakni C-Tra Arena, pukul 21.00 WITA. Ini kali pertama finalis musim lalu bertemu lagi sejak Gim 2 Final IBL 2023.

Sebagai tim juara, nantinya akan ada upacara penghormatan bagi pemenang. Prawira menyiapkan kejutan untuk para pemain dan fans beratnya. Meski sebagian besar para pemain pindah klub, dan bahkan kapten tim musim lalu kini di kubu lawan.

Pertandingan nanti juga akan menjadi kali pertama bagi mantan kapten tim Prawira M. Reza Fahdani Guntara berhadapan dengan tim lamanya. Reza yang pindah ke Pelita Jaya, akan memulai musim IBL dengan menghadapi mantan timnya.

Prawira tentu berharap bisa mempertahankan poin kandang pertama. Tetapi Pelita Jaya sebaliknya juga ingin membalas sakit hatinya musim lalu yang kalah telak (0-2) dari Prawira di final yang menggunakan sistem best-of-three. ant

Komentar