nusabali

BSK Taekwondo Club, Lahirkan Talenta-Talenta Muda Taekwondo Bali

  • www.nusabali.com-bsk-taekwondo-club-lahirkan-talenta-talenta-muda-taekwondo-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Bali Spin Kick (BSK) Taekwondo Club, dikenal sebagai salah satu perguruan bela diri yang sudah cukup lama berkiprah dan menghasilkan talenta-talenta muda berbakat dalam seni bela diri taekwondo di Kota Denpasar.

Sejak didirikan pada tanggal 3 Maret 2008, BSK Taekwondo Club ini sudah mulai berfokus, merangkul anak-anak muda yang berminat pada seni ilmu bela diri taekwondo. Anak-anak muda yang tergabung, digembleng dengan berbagai program latihan yang teratur, dengan tetap memperhatikan pola pembinaan yang dibuat secara berjenjang.

Pihak BSK Taekwondo Club menyiapkan 3 kelas dalam kegiatan pembinaan para anggota. 3 kelas itu, terdiri dari kelas reguler, poomsae, dan kyorugi.

Kelas Reguler diisi dengan rangkaian kegiatan pengenalan teknik-teknik dasar taekwondo. Melalui kelas ini juga, setiap peserta dapat meningkatkan keterampilannya dalam ujian kenaikan sabuk. Sedangkan, Kelas Poomsae, lebih mengedepankan rangkaian seni pertunjukan jurus. Pertunjukan itu, terdiri dari dua macam gerakan saat pertarungan, yakni gerakan menyerang dan pertahanan diri.

Selain itu, ada juga kelas kyorugi. Model pembinaan yang dijalankan dalam kelas ini, mengedepankan pembelajaran fighting bagi para peserta. Setiap peserta harus mampu mengaplikasikan semua teknik dasar yang telah diajarkan, mulai dari cara menyerang dan bertahan (counter).

Leonardo Kentjana, Founder BSK Taekwondo Club, menyampaikan bahwa saat ini timnya telah memiliki 9 Dojang yang tersebar di beberapa titik, sekitar Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

1. SJ Mart, berlokasi di Jl. Teuku Umar Barat, Pemecutan Klod, Kota Denpasar
2. Jl. Tunjung Sari, Padangsambian Kaja, Kota Denpasar
3. Hotel Aston, berlokasi di Jl. Gatot Subroto Barat, Pemecutan Kaja, Kota Denpasar
4. Jl. Merdeka, Panjer, Kota Denpasar 
5. Jl. Tukad Yeh Ho, Dangin Purih Klod, Kota Denpasar
6. Prime Gym, Sanur Kaja, Kota Denpasar
7. Park 23 Mall, berlokasi di Jl. Kediri, Tuban, Kabupaten Badung
8. Apple Tree Pree School, berlokasi di Jl. Gatot Subroto Barat, Ubung, Kota Denpasar
9. Aggape Montessori Preschool, berlokasi di Jl. Raya Sesetan, Kota Denpasar 

“Di 7 tempat itu, ada kelas reguler, di mana anak-anak butuh latihan dasar atau basicnya. Ada juga kelas atlet dan atraksi, dikhususkan bagi anak-anak yang ingin berkompetisi,” terang Leonardo.

Dalam proses pembinaan itu, semua anggota BSK Taekwondo Club, didampingi oleh para pelatih yang berkompeten. Para pelatih ini sudah tampil dalam berbagai ajang kejuaraan, bahkan ada juga yang mendapat kesempatan menjadi wasit dalam setiap event berskala nasional. “Untuk saat ini, kita punya 8 pelatih yang aktif,” beber Leonardo.

Diketahui, BSK Taekwondo Club sendiri sudah memiliki 200 anggota yang tersebar di beberapa Dojang. “Untuk anggotanya, kita mulai dari usia 4,5 tahun sampai dewasa,” kata Leonardo.

Untuk mendongkrak keterampilan para peserta, tim BSK Taekwondo Club selalu rutin mengundang para master taekwondo dari berbagai daerah di luar Bali. 

Bahkan, dalam pantauan NusaBali.com, Selasa (2/1/2024), di Dojang Park 23 Mall, Master taekwondo Brian Johnson dari AS, terlihat mendampingi para peserta yang hadir.

Bagi yang berminat mengikuti kelas di BSK Taekwondo Club, teman-teman bisa menghubungi admin BSK, di nomor 08996602698. *ol4

Komentar