nusabali

PSG dan Porto Lengkapi Tim 16 Besar

Usai Tersingkir AC Milan Langsung Bidik Juara Liga Europa

  • www.nusabali.com-psg-dan-porto-lengkapi-tim-16-besar

PARIS, NusaBali - Klub besar Prancis Paris Saint-Germain (PSG) melaju ke 16 besar Liga Champions. Sedangkan AC Milan mengalahkan Newcastle dalam laga terakhir Grup F Liga Champions, Kamis (25/12) dini hari WITA. Langkah PSG diikuti tim Portugal, yang juga lolos ke 16 besar.

PSG sukses menahan imbang Borussia Dortmund 1-1 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund. Sebelum laga tersebut, Dortmund telah memastikan diri lolos ke babak knock out. Sedangkan PSG mengikuti jejak Die Borussen, setelah meraih hasil imbang.

Dortmund sukses mencetak gol lebih lewat Karim Adeyemi, namun hanya dalam kurun waktu empat menit PSG dapat menyamakan kedudukan berkat gol Warren Zaire Emery. Secara statistik PSG sedikit lebih dominan dibandingkan Dortmund. Skor 1-1 bagi kedua tim tetap bertahan hingga laga selesai .

Kelolosan PSG tak lepas berkat kemenangan 2-1 AC Milan atas Newcastle United, di Stadion St James Park, Newcastle. Meski menang, AC Milan mengakhiri fase Grup F di posisi ketiga, karena kalah selisih gol dengan PSG meski sama-sama memiliki 8 poin dari enam laga.

Sedangkan puncak klasemen ditempati Dortmund dengan 11 poin dari enam laga. Newcastle dengan lima poin sebagai juru kunci. Berada di urutan ketiga, AC Milan akan tampil di laga Liga Europa.

Sementara itu, FC Porto mendampingi Barcelona lolos ke 16 besar, setelah dalam laga terakhir Grup H menang 5-3 atas Shakhtar Donetsk, di Estadio do Dragao, Porto, Kamis dinihari Wita.

Kemenangan itu membuat Porto di posisi kedua di klasemen akhir dengan 12 poin. Sedangkan Shakhtar di posisi ketiga dengan sembilan poin, sekaligus akan berlaga di Liga Europa..

Kejutan dalam laga Grup H lainnya di Stadion Bosuil, Antwerp, setelah tuan rumah Royal Antwerp mengalahkan Barcelona 3-2. Kemenangan itu sekaligus yang perdana bagi Antwerp di Liga Champions musim ini.

Namun hasil itu tidak mempengaruhi posisi Antwerp di klasemen akhir grup. Klub Belgia itu menjadi juru kunci dengan tiga poin, sedangkan Barca memuncaki klasemen grup dengan 12 poin.

Selanjutnya, delapan tim peringkat tiga UEFA Champions League (UCL) akan dipertemukan dengan para runner-up grup UEFA League Europe (UEL). Hingga kini belum pasti daftar tim runner-up Liga Europa 2023/2024, intinya akan ada delapan tim.

Selanjutnya, UEFA kembali melakukan drawing khusus babak play-off fase gugur ini. Delapan tim peringkat tiga UCL dan delapan tim runner-up UEL akan dipertemukan untuk berebut delapan tiket sisa ke babak 16 besar UEL 2023/2024. 

Sementara itu, AC Milan membidik gelar juara Liga Europa setelah tersingkir dari Liga Champions. Hasil itu membuat pelatih Stefano Pioli langsung menegaskan tekad membawa Rossoneri menjuarai Liga Europa, karena  pasukannya pantas mendapat hasil yang lebih baik.

"Kami tahu grup ini sulit, tapi saya yakin kami pantas mendapatkan hasil lebih. Kami seharusnya bisa memanfaatkan peluang kami di pertandingan lain," kata Pioli.

Pioli menekankan AC Milan akan melakukan segala untuk menuarai Liga  Europa. "Sekarang kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk memenangkan Liga Europa," kata Pioli.

UEFA mengubah sedikit aturan main fase grup Liga Champions. Para juara grup dan runner-up grup akan lolos ke babak 16 besar, lalu delapan tim peringkat tiga harus turun kasta ke Liga Europa. *

Daftar Tim 16 Besar UCL 
Juara Grup:
  1. Bayern Munchen (juara Grup A)
  2. Arsenal (juara Grup B)
  3. Real Madrid (juara Grup C)
  4. Real Sociedad (juara Grup D)
  5. Atletico Madrid (juara Grup E)
  6. Borussia Dortmund (Grup F)
  7. Manchester City (juara Grup G)
  8. Barcelona (juara Grup H)

Runner-up Grup:
  1. FC Copenhagen (runner-up Grup A)
  2. PSV Eindhoven (runner-up Grup B)
  3. Napoli (runner-up Grup C)
  4. Inter Milan (runner-up Grup D)
  5. Lazio (runner-up Grup E)
  6. PSG (runner-up Grup F)
  7. RB Leipzig (runner-up Grup G)
  8. Porto (runner-up Grup H)
Delapan Tim ke Liga Europa 
  1. Galatasaray (Grup A)
  2. Lens (Grup B)
  3. Braga (Grup C)
  4. Benfica (Grup D)
  5. Feyenoord (Grup E)
  6. AC Milan (Grup F)
  7. Young Boys (Grup G)
  8. Shakhtar Donetsk (Grup H)

Komentar