nusabali

Program Studi Magister Akuntansi FEB Unmas Denpasar Menginisiasi Kerjasama dengan LPD Desa Adat Kukuh

  • www.nusabali.com-program-studi-magister-akuntansi-feb-unmas-denpasar-menginisiasi-kerjasama-dengan-lpd-desa-adat-kukuh

TABANAN, NusaBali.com - Perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam percepatan pembangunan desa. Dalam upaya mewujudkan peran tersebut, Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar menginisasi adanya kerjasama dengan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan.

Salah satu bentuk kerjasama tersebut direalisasikan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan pada Minggu (19/11/2023).

Ketua Program Studi Magister Akuntansi, Dr Ni Wayan Rustiarini SE MSi Ak menyatakan bahwa LPD merupakan lembaga keuangan mikro yang berperan penting dalam menggerakkan perekonomian desa. 

“Peningkatan tata kelola dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia menjadi prioritas utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia menuju bisnis yang berkelanjutan,” kata Ni Wayan Rustiarini. 

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dituangkan dalam bentuk penyuluhan dan pendampingan yang mengusung tema ‘Peningkatan Tata Kelola dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Menuju Bisnis Berkelanjutan pada LPD Desa Adat Kukuh’. 

Pada kesempatan ini, Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar juga menggandeng mitra internasional, Rotary International District 3420-Indonesia untuk berkolaborasi dalam program pengabdian kepada masyarakat. 

I Nyoman Suastika selaku Past District Governor menyambut baik kerjasama ini dan menyampaikan bahwa kegiatan ini selaras dengan salah satu fokus kegiatan Rotary International, yaitu pengembangan komunitas ekonomi masyarakat lokal.

Terdapat tiga narasumber pada kegiatan ini. Narasumber pertama adalah I Nyoman Suastika selaku Past District Governor yang menyampaikan materi terkait Sustainable Rotary Grant Projects. Materi kedua terkait dengan Tata kelola LPD disampaikan oleh Dr I Putu Mega Juli Semara Putra SE MSi, selaku dosen Program Studi Magister Akuntansi. Materi terakhir terkait dengan topik pengembangan kompetensi sumber daya manusia LPD disampaikan oleh Ida Ayu Lidya Primadona, selaku mahasiswa Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan Bendesa Adat Desa Adat Kukuh, Pengawas LPD, Pamucuk LPD, serta karyawan LPD yang sama-sama memiliki komitmen untuk menjaga eksistensi LPD diantara gempuran lembaga-lembaga keuangan lainnya.

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, perguruan tinggi dapat mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya dari dunia pendidikan langsung pada masyarakat secara kelembagaan. Selain itu, kegiatan ini mendorong kepekaan civitas akademika terkait isu-isu sosial di masyarakat, serta membantu memberikan solusi untuk berbagai permasalahan sosial di masyarakat.

Komentar