nusabali

Workshop PKM 2024: Mengembangkan Inovasi dalam Manajemen Bisnis melalui Program Kreativitas Mahasiswa

  • www.nusabali.com-workshop-pkm-2024-mengembangkan-inovasi-dalam-manajemen-bisnis-melalui-program-kreativitas-mahasiswa

DENPASAR, NusaBali.com - Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar melaksanakan Workshop PKM 2024 dengan tema “Mengembangkan Inovasi dalam Manajemen Bisnis melalui Program Kreativitas Mahasiswa”. 

Kegiatan pada Rabu (24/1/2024) dilaksanakan secara daring (online) melalui media Zoom Meeting.

Dr Ni Made Dwi Puspitawati SE MM, selaku Ketua Program Studi Manajemen menyampaikan bahwa Workshop PKM 2024 ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Program Studi Manajemen Universitas Mahasaraswati Denpasar. 

"Terselenggaranya kegiatan ini bertujuan untuk menjadi sarana dalam menimba ilmu pengetahuan yang lebih mendalam sesuai dengan keilmuan profesi yang ditekuni dan menumbuhkan generasi yang unggul dengan belajar manajemen bisnis," kata Dr Dwi Puspitawati. 

Selain itu dengan adanya program Workshop PKM 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan relevansi skill lulusan Program Studi Manajemen Unmas Denpasar dengan kebutuhan dunia kerja melalui pemaparan yang disampaikan oleh narasumber ahli yang handal dan kompetitif di bidangnya masing-masing.

Sebagai perwujudan dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen selaku organisasi mahasiswa aktif yang berada di Universitas Mahasaraswati Denpasar mengadakan kegiatan Workshop PKM 2024 ini dengan tujuan:

- Melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran.

- Menjalankan kewajiban sebagai Mahasiswa yang terlibat dalam organisasi untuk menjalankan Program Kegiatan yang sudah menjadi program tetap setiap tahunnya.

- Mengembangkan kreativitas dan inovasi bagi setiap Mahasiswa agar memiliki semangat dalam mempersiapkan wirausahawan muda yang unggul.

Kegiatan Workshop PKM 2024 ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar  Dr Putu Kepramareni SE MM. 

Kegiatan Workshop PKM 2024 HMPS Manajemen kali  ini dimoderatori oleh  Dosen Program Studi Manajemen FEB UNMAS Denpasar Dr Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja SE MM.

Sesi pertama workshop diisi oleh Prof Dr Ir I Ketut Widnyana MSi. Guru Besar Ilmu Penyakit Tanaman Universitas Mahasaraswati Denpasar ini memaparkan  program PKM yang telah terlaksana. 


Prof Ketut Widnyana mengingatkan kreativitas yang harus dimiliki oleh seluruh mahasiswa yang mengikuti program PKM. 

Adapun 10 jenis PKM yang dapat dibuat oleh mahasiswa salah satu jenis PKM yang paling diminati mahasiswa yaitu PKM Kewirausahaan (PKM-K). Ia juga memaparkan terkait sistematika pembuatan proposal. 

Pada pembuatan judul proposal PKM, tidak boleh menggunakan akronim atau singkatan yang tidak baku serta hanya diperkenankan maksimal 20 kata.

Sesi kedua merupakan kegiatan bedah proposal oleh  Prof Ketut Widnyana. Pada sesi bedah proposal juga menghadirkan proposal Kewirausahaan dari salah satu tim dengan judul proposal "Healtea" yang diketuai oleh I Putu Nugraha Adi Putra Yasa.

 Pada saat sesi bedah proposal Prof Ketut Widnyana menekankan untuk lebih cermat dalam pemilihan bidang penelitian yang akan dibawakan serta menyarankan terkait hal-hal yang perlu diperbaiki dalam pembuatan proposal. 

Salah satu penekanannya agar melampirkan data terkait minat masyarakat terhadap produk yang akan dipasarkan. 

Prof Ketut Widnyana juga menjelaskan bahwa produk harus dijual dengan harga yang relatif mahal agar dapat meyakinkan masyarakat. 

Prof Ketut Widnyana juga melakukan diskusi dengan ketua tim secara daring terkait pengujian terhadap produk. 

Ia menjelaskan bahwa jika produk tersebut termasuk produk yang umum digunakan maka tidak perlu  dilakukan pengujian karena sudah pasti dipercaya oleh masyarakat. Tetapi, terkait standarisasi yang dapat menguatkan nilai jual produk itu dianggap penting. 

Maka dari itu  Prof Ketut Widnyana menyarankan untuk melakukan kerja sama dengan mahasiswa yang memang ahli di bidangnya. 

Pemaparan dari narasumber yang sangat kompeten di bidangnya ini dapat dipahami dengan baik yang menjadikan Workshop PKM 2024 mampu menjadi wadah pertukaran informasi dan inspirasi yang nantinya diharapkan dapat menumbuhkan ilmu dan wawasan tentang karya ilmiah yang lebih mendalam pada generasi muda. 

Workshop PKM 2024 dengan tema “Mengembangkan Inovasi dalam Manajemen Bisnis melalui Program Kreativitas Mahasiswa” yang digelar oleh salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Bali ini diikuti oleh seluruh mahasiswa/i dan masyarakat umum serta mendapatkan antusias dan respons positif dari kalangan civitas akademika Universitas Mahasaraswati Denpasar. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan Workshop PKM 2024 ini dapat memberikan manfaat dan ilmu yang berguna untuk meningkatkan minat serta rasa percaya diri generasi muda untuk dapat memulai menulis karya ilmiah.

Komentar