nusabali

Lomba Ogoh-ogoh LSM Bli Braya Se-Kabupaten Buleleng 2024

  • www.nusabali.com-lomba-ogoh-ogoh-lsm-bli-braya-se-kabupaten-buleleng-2024

SINGARAJA, NusaBali - Setelah melalui proses penilaian di tempat selama dua hari pada 7-8 Maret lalu, Lomba Ogoh-ogoh Se-Kabupaten Buleleng tahun 2024 akhirnya menetapkan pemenang. Terdapat 3 pemenang utama dan 3 pemenang juara favorit dari masing-masing Sekaa Teruna (ST) se-Kabupaten Buleleng.

Ketua LSM Bli Braya, Dr Sukawati Lanang Putra Perbawa mengatakan lomba ogoh-ogoh ini diadakan oleh LSM Bli Braya dengan tujuan untuk menguatkan adat dan kebudayaan Bali. Selain itu juga untuk menggali potensi anak-anak muda dalam karya seni pembuatan ogoh-ogoh. "Selain itu juga untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi anak muda dalam membuat ogoh-ogoh. Dalam lomba ini memperebutkan total hadiah Rp 22 juta. Peserta lomba terdiri dari 22 ST se -Kabupaten Buleleng," ujar Lanang Perbawa.

Pengumuman yang tertuang dalam berita acara yang ditandatangani seluruh Tim Juri LSM Bli Braya ini, diumumkan secara resmi pada Sabtu (23/3) siang. 

ST Tunas Teratai Tunjung Mekar, Desa Sudaji keluar sebagai Nominasi I dengan nilai 1.802. Di susul ST Manik Hasta Gina, Desa Sangket sebagai Nominasi II dengan nilai 1.070 dan Nominasi III diraih oleh ST Sari Kumuda, Desa Bungkulan dengan nilai 1.057. 

Adapun juara favorit yang diraih oleh 3 peserta lomba ogoh-ogoh yaitu dari ST Babakan Pole, Desa Bengkala, ST Wira Yuda Wahana, Desa Penarungan, dan ST Tunas Eka Darma Bakti, Desa Sudaji. 

Kata Lanang Perbawa, para ST sangat semangat mengikuti lomba. Hasil karya ogoh-ogoh mereka juga sangat bagus. "Antusias dari para peserta lomba sangat bagus, hal ini dilihat dari hasil ogoh-ogoh yang ditampilkan oleh 20 Yowana atau ST dari berbagai desa di Kabupaten Buleleng yang ikut serta dalam perlombaan ogoh-ogoh tahun 2024," ujar akademisi Universitas Mahasaraswati Denpasar yang mantan Ketua KPU Bali periode 2008-2013 ini.n Nat

Komentar