nusabali

Warga Desa Suana Keluhkan Serangan Kera

  • www.nusabali.com-warga-desa-suana-keluhkan-serangan-kera

SEMARAPURA, NusaBali - Kawanan kera merusak pertanian dan kebun warga Dusun Kelemahan, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Warga keluhkan serangan kera yang menyebabkan kerugian. Camat Nusa Penida, Kadek Yoga Kusuma mengatakan, kera merusak tanaman jagung, kelapa, dan lainnya.

Diperkirakan dampak musim kemarau menyebabkan perbukitan kering dan tanaman tidak berbuah. Kawanan kera kehabisan sumber makanan dan masuk kebun warga. “Pertanian dan kebun warga jadi sasaran kera,” ujar Yoga Kusuma, Jumat (17/11).

Warga pun tidak bisa berbuat banyak karena mereka tidak bisa menjaga kebunnya sepanjang hari. Mereka hanya bisa mengusir kawanan kera dengan alat seadanya. “Kera kerap beraksi saat sepi,” ujar Yoga Kusuma.

Warga mengadukan serangan kera kepada Plt Bupati Klungkung Made Kasta, beberapa waktu lalu. Rencananya melakukan upaya sakala dan niskala untuk mengatasi hama kera. Upaya niskala dengan menggelar ritual tertentu agar kera kembali mencari makan ke habitatnya. Dinas Pertanian agar mencarikan solusi untuk mengatasi serangan kera yang dikeluhkan warga. 7 wan

Komentar