nusabali

BPBD dan TNI/Polri Bersihkan Tukad Unda

  • www.nusabali.com-bpbd-dan-tnipolri-bersihkan-tukad-unda
  • www.nusabali.com-bpbd-dan-tnipolri-bersihkan-tukad-unda

SEMARAPURA, NusaBali - Tim BPBD Klungkung bersama anggota TNI/Polri dan masyarakat melakukan pembersihan sampah di aliran Tukad Unda, Klungkung, Rabu (6/12).

Kepala Pelaksana BPBD Klungkung I Putu Widiada mengatakan, upaya ini untuk mengantisipasi banjir dampak hujan lebat yang berpotensi terjadi pada bulan Desember ini. “Sungai Unda sering meluap saat hujan deras,” ujar Widiada.

Pembersihan areal sungai akan terus dilakukan untuk antisipasi hal-hal tidak terduga selama musim penghujan ini. “Kami minta masyarakat sekitar tetap waspada peningkatan debit air saat hujan terutama di hulu,” ungkap Widiada. 

Banjir besar terjadi di bantaran Sungai Unda, wilayah Kelurahan Semarapura Kangin, Kecamatan Klungkung pada Juli 2023 lalu. Akibatnya, tanggul jebol hingga masuk ke 34 rumah warga. Mereka harus dievakuasi ke Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya Klungkung.

Terpisah, Camat Nusa Penida Kadek Yoga Kusuma mengatakan, sudah melakukan antisipasi banjir di Nusa Penida. Di antaranya memperbaiki saluran air yang rusak di wilayah Desa Ped dan Desa Kutampi Kaler. Pengerukan di beberapa sungai yang mengalami pendangkalan. “Kami sudah berkoordinasi dengan para perbekel agar mengingatkan warganya tidak membuang sampah sembarangan terutama di saluran sungai,” kata Kadek Yoga.

Banjir bandang menerjang Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Senin 13 Desember 2021 dini hari. Kejadian  ini menyebabkan kerusakan parah di 7 desa kawasan pesisir. Kerusakan terjadi di 185 titik lokasi dengan kerugian material mencapai Rp 3,67 miliar. 7 wan

Komentar