nusabali

Saptoyogo Percaya Diri ke Paris, Usai Raih Tiga Emas di HangZhou

  • www.nusabali.com-saptoyogo-percaya-diri-ke-paris-usai-raih-tiga-emas-di-hangzhou

HANGZHOU, NusaBali - Tiga medali emas yang diraih sprinter Indonesia Saptoyogo Purnomo di Asian Para Games (APG) 2022 Hangzhou membuatnya kian pede (percaya diri) untuk bersaing di panggung lebih besar lagi, yakni Paralimpiade 2024 Paris.

“Saya ingin sekali, untuk kedua kalinya mendapatkan medali di Paralympic. Di Paralympic Tokyo saya mendapatkan medali perunggu,” kata Saptoyogo, di Huanglong Sports Centre Stadium, China, Kamis (26/10).

Sprinter asal Jawa Tengah itu mengatakan akan segera berlatih kembali demi mengasah kondisi fisik serta mental agar lebih siap menghadapi para pelari top dari seluruh dunia. Saptoyogo juga mengungkapkan, beberapa pesaing berat di Paralimpiade berasal dari Brasil dan Rusia.

Meski demikian, Saptoyogo tak ingin mengendurkan semangat dan tekad untuk kembali mengharumkan nama Indonesia di pentas olahraga untuk atlet disabilitas terbesar di dunia tersebut. Saptoyogo akan turun di nomor lari 100 meter dan 200 meter T37 putra di Paris, tahun depan.

Saptoyogo baru saja merebut medali emas pada cabang olahraga para atletik nomor lari 100 meter T37 putra Asian Para Games 2022 Hangzhou. Saptoyogo menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 11,35 detik. Catatan waktu ini memecahkan rekor Asian Para Games, yang dipegang Saptoyogo sendiri, yakni 11,49 detik, yang dibukukan pada Asian Para Games 2018 Jakarta.

Sebelumnya, Saptoyogo juga meraih medali emas di nomor lari 200 meter T37 putra pada Rabu (25/10), dengan catatan waktu 23,34 detik.

Saptoyogo juga keluar sebagai juara pada nomor lari 400 meter T37 dengan catatan waktu 54,80 detik pada Senin (23/10). 

“Buat saya, tiga medali emas ini sangat berharga, karena ini juga pertama kalinya di Asian Para Games ada yang meraih tiga emas. Selain itu, target emas dari para atletik Indonesia juga sudah terpenuhi, dan dari empat, tiga emasnya dari saya. Saya senang sekali,” kata Saptoyogo.

Pencapaian kali ini semakin memperpanjang rentetan prestasi Saptoyogo, setelah memastikan tiket Paralimpiade 2024 Paris dengan meraih medali perak pada nomor 100m kelas T37 putra Kejuaraan Dunia Para-Atletik 2023 di Paris, Juli.

Dengan ini, maka cabang olahraga para atletik telah menyumbangkan empat emas, tiga perak, dan dua perunggu untuk Kontingen Indonesia di Asian Para Games 2022 Hangzhou. ant

Komentar