nusabali

Made Arianti Pecahkan Rekor Pribadi

  • www.nusabali.com-made-arianti-pecahkan-rekor-pribadi

JAKARTA, NusaBali - Meski tidak mendapatkan medali, atlet para atletik asal Bali Ni Made Arianti Putri memecahkan rekor pribadi saat tampil dalam Kejuaraan Dunia Para Atletik di Paris, Prancis, 8-17 Juli 2023.

Made Arianti memecahkan rekor di 100-meter T12 dengan catatan waktu 12,86 detik. Sebelumnya, catatan waktu Made Arianti 12,87 detik.

"Made Arianti di Paris memecahkan rekor pribadinya, tetapi belum melampaui HPS (High Performance Standard) Paralimpiade," ujar Pelatih Para Atletik Purwo Adi Sanyoto, Rabu (26/7). 

Made Arianti meraih itu, ketika bertanding di babak semifinal Kejuaraan Dunia. Selain di 100-meter T12, Made Arianti juga turun di 200-meter T12. Anak kedua dari dua bersaudara tersebut masuk babak semifinal pula di nomor tersebut. Catatan waktunya 27,79 detik. Secara keseluruhan, kata Purwo Adi, hasil yang diperoleh Made Arianti kurang bagus.

Sebab, dia belum berhasil melampaui HPS Paralimpiade. HPS Paralimpiade di 100-meter T12 adalah 12,51 detik. Sedangkan di 200-meter T12 catatan waktunya 25,96 detik. Kejuaraan Dunia merupakan salah satu ajang untuk memperoleh tiket ke Paralimpiade 2024 Paris.

Oleh karenanya, atlet para atletik yang diturunkan ditargetkan bisa melampaui HPS. Dengan hasil seperti itu, Made Arianti perlu memperbaiki diri melalui latihan demi latihan agar kelak melampau HPS dan lolos ke Paralimpiade. Untuk itu, usai pulang dari Kejuaraan Dunia, Made Arianti dkk menjalani latihan kembali.

"Kami tiba di Solo 20 Juli 2023. Sampai dari Paris, Made Arianti dan yang lainnya langsung latihan lagi guna persiapan menuju Asian Para Games di Hangzhou, China pada Oktober 2023 mendatang," terang Purwo Adi.
 
Latihan dilakukan dua kali dalam sehari di Stadion UNS, Solo, Jawa Tengah Purwo Adi mengatakan, agar Made Arianti lolos ke Paralimpiade, dia harus lebih banyak lagi mengikuti pertandingan. Selain Asian Para Games, jika waktu memungkinkan Made Arianti dikirim mengikuti Kejuaraan Grand Prix tahun depan. 

"Kualifikasi terakhir untuk Paralimpiade adalah Juli 2024," ucap Purwo Adi. k22

Komentar