nusabali

Kevin Sanjaya Gantung Raket, Ribka Mundur dari Pelatnas

  • www.nusabali.com-kevin-sanjaya-gantung-raket-ribka-mundur-dari-pelatnas

JAKARTA, NusaBali - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja mengumumkan bahwa atlet ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo dan ganda putri Ribka Sugiarto resmi mundur dari pusat latihan nasional (Pelatnas) PBSI.

“Intinya Kevin menyatakan pamit dari pelatnas. Kita hormati keputusan dan waktu Kevin. Kita juga mengapresiasi prestasi Minions yang sudah menjadi nomor satu dunia dalam waktu yang lama, dan menyumbangkan banyak gelar untuk Indonesia,” ujar Ricky Soebagja, Kamis (16/5).

Soal alasan mundurnya Kevin, Ricky mengatakan tidak ada alasan khusus mundur dari Pelatnas. Sebelumnya, Marcus Fernaldi Gideon pada awal Maret, mengumumkan melalui akun media sosial resminya memutuskan mengakhiri karier sebagai pebulu tangkis profesional yang telah dijalani selama 25 tahun.

Untuk memberikan penghormatan kepada karier Minions, PBSI akan memberikan acara spesial untuk mereka pada rangkaian turnamen BWF Super 1000 Indonesia Open 2024, Juni mendatang. “Ada farewell untuk Minions di Indonesia Open, kita akan buat satu acara di sana,” kata Ricky.

Kevin Sanjaya sendiri resmi mengumumkan dirinya pensiun dari dunia bulutangkis. Hal tersebut Kevin konfirmasi melalui unggahan di akun media sosial Instagram resmi pada Kamis, tak lama setelah Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja mengumumkan bahwa Kevin pamit dari pelatnas.

Kevin, dalam unggahannya menceritakan kebahagiaannya saat terjun ke dunia bulutangkis, dan meniti karier profesional bersama rekannya, Marcus Fernaldi Gideon, yang sudah mengumumkan untuk pensiun terlebih dahulu pada Maret.

“Namun, sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini,” kata Kevin. Lebih lanjut, Kevin mengaku bahwa keputusannya untuk pensiun adalah hal yang berat. Dia telah berdiskusi bersama orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk mencapai keputusan final ini.

Setelah itu, Kevin berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah ke depannya di dunia badminton. Kevin juga mengucapkan terima kasih untuk para pendukung dan orang-orang yang senantiasa memberikan doa untuk perjalanan kariernya selama ini.

Sementara itu, Ricky Soebagdja juga mengumumkan pemain ganda putri Ribka Sugiarto mundur dari Pelatnas. Namun, Ricky mengatakan PBSI belum menerima surat pengunduran diri resmi dari Ribka.

“Ribka baru menyampaikan secara lisan. Ada komunikasi seperti itu, tapi surat resminya belum. Minggu lalu dia sampaikan (kepada pelatih). Sehingga rencana untuk pengiriman para atlet yang sudah diprogramkan (mengikuti turnamen jadi batal), dan tiba-tiba menyampaikan hal seperti itu ke pelatihnya,” ungkap Ricky.

Lebih lanjut, Ricky menyayangkan keputusan Ribka, mengingat dia bersama Lanny Tria Mayasari meraih gelar juara Swiss Open 2024 dan masuk ke skuad putri yang lolos ke final Piala Uber 2024.

Isu mundurnya Ribka dari Pelatnas sebelumnya sudah pernah mencuat setelah berakhirnya rangkaian Piala Uber 2024. Terlebih, sebelum itu Ribka bersama kekasihnya, pemain ganda putra Indonesia Muhammad Rian Ardianto, juga sudah mengumumkan pertunangan dan rencana pernikahan mereka. ant

Komentar