nusabali

Indonesia Incar 40 Besar Paralimpiade

  • www.nusabali.com-indonesia-incar-40-besar-paralimpiade

JAKARTA, NusaBali - Sukses raih enam besar dalam Asian Para Games (AiPG) 2022 Hangzhou,  National Paralympic Committe (NPC) Indonesia mempersiapkan diri ke Paralimpiade 2024 Paris. NPC Indonesia pun menargetkan tembus 40 besar.

“Pada Paralimpiade Paris pada Agustus 2024, kami berencana meloloskan 30 atlet dari sembilan cabor, termasuk kita harapkan panahan dan boccia. Kita juga punya target menaikkan peringkat dari 42 menjadi 40 besar dunia,” ujar Wasekjen NPC Indonesia Rima Ferdianto, Minggu (29/10).

Rima menjelaskan, target 40 besar Paralimpiade dipasang karena hasil performa Kontingen Indonesia dalam ajang multi event, seperti AiPG 2022. Selain itu, berkaca pada efektifitas pengiriman atlet ke AiPG, Indonesia di nomor tiga setelah China dan Uzbekhistan dengan rasio atlet dan perolehan medali sebesar 73 persen.

Indonesia juga kian mempertegas diri sebagai kontingen terbaik dari kawasan Asia Tenggara. Tim Garuda menjadi negara Asia Tenggara dengan rangking pertma di AiPG 2022 dengan rincian 29 emas, 30 perak dan 36 perunggu dengan total 95 medali dari 12 cabor yang diikuti.

Disusul Thailand di urutan ketujuh dengan 27 emas, 26 perak dan 55 perunggu. Filipina di urutan ke-9, Malaysia nomor 12 dan Singapura di urutan 17 daftar perolehan medali terakhir AiPG 2022. Untuk itu, akan ada evaluasi setelah penyelenggaraan AiPG 2022. Evaluasi mencakup pelaksanaan dan penilaian performa atlet di setiap cabor.

“Dari 12 cabor yang diikuti ada sembilan cabor yang memenuhi target dan tiga cabor belum menunjukan performa dan ini akan ada evaluasi. Seperti cabor yang mengajukan medali, tapi masih belum menunjukan performa bagus atau justru ada yang menunjukan prestasi sangat bagus,” kata Rima Ferdianto. k22

Komentar