nusabali

Indonesia Raih Empat Emas WAG

  • www.nusabali.com-indonesia-raih-empat-emas-wag

JAKARTA, NusaBali - Indonesia baru meraih empat medali emas dalam World Abilitysport Games (WAG) 2023 Thailand, pada Senin (4/12). Keempat emas itu dari tiga atlet para-balap sepeda. Sedangkan satu emas lagi dari atlet para-menembak Hanik Puji Astuti (Jawa Tengah) di nomor Women's 10 meter Air Rifle Standing SH1.

Hanik membukukan 245,4 poin dari 24 tembakan dan mengungguli pesaing terdekatnya, Wannipa Leungvilai (Thailand) dengan 244,8 poin. Hanik juga mengalahkan empat rival lainnya , Veronika Vadovicova dari Slovakia, Chutima Saenlar (Thailand), Chutima Arunmat (Thailand), dan Zainab Ruwashed (Irak). 

Usai penyematan medali, Hanik terlihat bangga bisa meraih medali emas dan mengibarkan  bendera Merah-Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di arena WAG 2023.

Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia, Rima Ferdianto memuji pencapaian Hanik yang sukses meraih emas di ajang internasional. Hasil itu, lanjut Rima, merupakan puncak dari prestasi Hanik hingga saat ini. Rima berharap Hanik bisa mempertahankan performa bagus ini hingga Paralimpiade 2024 mendatang. 

Sementara itu, tiga medali emas para-balap sepeda berasal dari Sufyan Saori, Muhammad Fadli Immamuddin, dan Tifan Abid Alana. Fadli (C4) dan Sufyan (C5) tampil lebih dulu dari nomor Individual Time Trial (ITT).

Meski berbeda kelas, keduanya memulai perlombaan hampir bersamaan. Sufyan finis lebih dulu sebagai pebalap tercepat dengan catatan waktu 26 menit 16,288 detik. Dia mengalahkan Witsarut Dangia (Thailand) dan Vilaphone Phouthavongsay (Laos).

Lalu Fadli juga menjadi tang tercepat di kelas C4 dengan waktu  26 menit 08,484 detik. Catatan itu membuat Fadli mengalahkan Anre Nomme (Estonia) dan Stefan Korrodi (Swiss) sehingga meraih emas.

Selanjutnya, Abid di nomor C3 mempersembahkan emas  dengan menorehkan catatan waktu 28 menit 18,844 detik untuk menjadi yang tercepat. Selanjutnya, Selasa ini ketiga atlet tersebut juga akan bersaing di nomor Road Race. k22

Komentar