nusabali

Motivasi ke Paralimpiade Paris

  • www.nusabali.com-motivasi-ke-paralimpiade-paris

HANGZHOU, NusaBali - Prestasi Indonesia di Asian Para Games 2022 Hangzhou akan menjadi motivasi menuju panggung yang lebih besar, yakni Paralimpiade 2024 Paris. Sebab, program lanjutan NPC Indonesia adalah Paralimpiade Paris 2024, dengan menargetkan 30 atlet lolos ke Paris.

"Cabang olahraga di (Paralimpiade) Tokyo ada tujuh, (di Paris) kita targetkan ada sembilan (cabang olahraga yang diikuti), dengan tambahan panahan dan boccia," kata Wakil Sekretaris Jenderal Komite Paralimpiade (NPC) Indonesia Rima Ferdianto, di Hangzhou, Sabtu (28/10).

Adapun tim Indonesia finis di posisi keenam pada klasemen perolehan medali Asian Para Games edisi keempat ini. Indonesia meraih total 95 medali, dengan rinciannya 29 emas, 30 perak, dan 36 perunggu. 

Pencapaian itu jauh melampaui target semula, yaitu finis di 10 besar dengan 19 emas, 23 perak, dan 25 perunggu.

Lebih lanjut, Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Asian Para Games 2022 Hangzhou Angela Tanoesoedibjo mengatakan prestasi ini sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara dari kawasan Asia Tenggara dengan peringkat teratas pada ajang ini.

"Peringkat Indonesia ini adalah peringkat satu untuk ASEAN dan prestasi terbaik selama berpartisipasi di Asian Para Games di luar (sebagai) tuan rumah," kata Angela.

Selain itu, Angela menyoroti para atlet Indonesia memecahkan setidaknya 13 rekor.  Yakni, delapan rekor Asian Para Games, tiga rekor Asia, dan dua rekor dunia.

"Sebanyak dua atlet kami juga mencetak sejarah emas pertama untuk cabang olahraga blind judo dan boccia. Apresiasi setinggi-tingginya bagi para atlet yang sudah berjuang dari klasifikasi, kualifikasi, dan final," kata Angela.

Angela melanjutkan, dirinya berharap pengalaman dan pencapaian di Asian Para Games menjadi pemecut semangat menuju Paralimpiade 2024 Paris. Dia pun mengaku bangga menjadi saksi perjuangan atlet. ant

Komentar