nusabali

Italia Jadi Ujian Besar Inggris

  • www.nusabali.com-italia-jadi-ujian-besar-inggris

LONDON, NusaBali - Pemimpin klasemen Inggris menghadapi ujian besar saat menjamu Italia dalam lanjutan Kualifikasi Euro 2024 Grup C, di Wembley Stadium, London, Rabu (18/10), pukul 02:45 WITA. Jika menang, Inggris akan berangkat ke Jerman, dengan dua laga tersisa.

Namun hasil imbang, yang dibarengi kegagalan Ukraina mengalahkan Malta di partai lainnya, juga bisa memastikan kelolosan The Three Lions. Hanya saja Malta sebagai tim terlemah di Grup C, diprediksi akan kesulitan menghadapi Ukraina. So, Inggris harus menang, meski  Italia sering menyulitkan mereka.

Italia sendiri  saat ini terpaut tiga poin di belakang Inggris. Mereka , membutuhkan hasil positif di Wembley. Hasil positif atau kemenangan akan memperbesar peluang anak-anak asuh Luciano Spalletti untuk finis di dua besar grup ini. 

Pada laga sebelumnya, Italia menang 4-0 atas Malta.  Sedangkan Inggris menang tipis 1-0 dalam uji coba melawan Australia di Wembley. Pada laga sebelumnya yang terdekat, pada Maret 2023, Inggris mengalahkan Italia yang masih dilatih Roberto Mancini, 2-1 di Napoli. 

Seperti dikutip dari Football Italia, Senin (16/10), artinya jika menang dengan keunggulan dua gol di Wembley, Italia akan memiliki rekor head-to-head yang lebih unggul dibanding Inggris. 

Kemenangan dengan satu gol akan membuat Gli Azzurri sejajar dengan Inggris. Di sisi lain, jika memenangi laga ini, Inggris otomatis lolos.  Lalu Ukraina bertandang ke Malta, sehingga diperkirakan meraih tiga poin dan terus menekan.

Artinya, secara teoritis bisa saja ketiga tim mengumpulkan 13 poin di akhir laga pada Rabu dinihari nanti, meskipun Inggris dan Italia masih memiliki satu laga tersisa. Karena itulah,  laga tersisa akan menjadi penentu, karena pada 17 November ada duel Italia vs Makedonia Utara dan Inggris vs Malta.

Kualifikasi berakhir pada 20 November 2023 ketika Italia menghadapi Ukraina di lapangan netral di Leverkusen, dan Inggris bertandang ke Makedonia Utara.

Masih menurut Football Italia, ketika dua tim atau lebih memiliki kedudukan yang sama dalam grup, posisi mereka ditentukan berdasarkan rekor head-to-head, selisih gol dalam head-to-head, dan kemudian selisih gol secara keseluruhan.

Italia mengalahkan Ukraina 2-1 di San Siro, sehingga saat ini memiliki rekor head-to-head yang lebih baik. Meskipun Makedonia Utara masih bersaing, mereka akan tersingkir dari dua besar pada Rabu dini hari jika Ukraina menang dan Italia tidak menang.  *

Prediksi Starting XI 
Inggris (4-2-3-1): Pickford; Walker, Stones, Maguire, Trippier; Alexander-Arnold, Rice; Foden, Bellingham, Rashford; Kane. Pelatih: Gareth Southgate.
Italia (4-3-3): Donnarumma; Di Lorenzo, Mancini, Bastoni, Dimarco; Frattesi, Locatelli, Barella; Berardi, Raspadori, Kean. Pelatih: Luciano Spalletti.

Lima Laga Terakhir
24-03-2023 Italia 1-2 Inggris (Pra Euro)
24-09-2022 Italia 1-0 Inggris (UNL)
12-06-2022 Inggris 0-0 Italia (UNL)
12-07-2021 Italia 1-1 Inggris (Euro)
28-03-2018 Inggris 1-1 Italia (Friendly).

Komentar